Sabtu, 14 Juni 2008

Masuk Surga Setelah Meninggalkan Kekufuran PadahalBelum Pernah Sujud Kepada Allah

Kumpulan Artikel Islami

Masuk Surga Setelah Meninggalkan Kekufuran PadahalBelum Pernah Sujud Kepada Allah Abu Hurairah radhiallahu 'anhu pernahberkata:''Tahukah kalian siapakah orang yang masuk Surga tetapitidakpernah shalat walaupun sekali Kemudian dia sendiri yangmenjawab: Dia adalah Amr bin Tsabit . Ibnu Ishaq berkata bahwaHushain bin Muhammad pernah berkata: Aku bertanya kepada Mahmud binLabid,'Bagaimana kisah Amr bin Tsabit itu', ia menjawab,'Dulunya, Amrbin Tsabit itu menolak agama Islam. Akan tetapi, saat terjadi perangUhud dia menjadi simpatik kepada Islam. Kemudian dia mengambilpedangnya dan bergabung dengan kaum muslimin.

Saat perang sedang berkecamuk dia masuk ke kancah peperangan sampaiakhirnyadia terluka. Ketika ditemukan oleh orang-orang yang sekabilahdengannya, mereka bertanya,'Apa yang membuatmu datang ke mari Apakahkarena kasihan pada kaum kabilahmu, ataukah karena kau ingin masukIslam' Dia jawab,'Ya, karena aku ingin masuk agama Islam, aku telahberjihad bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sehingga akuterluka begini'. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi ura sallambersabda,'Sungguh dia adalah ahli Surga. ' Dalam riwayat laindisebutkan: Kemudian dia meninggal -karena lukanya- maka dia masuksurga dan tidak pernah melaksanakan shalat sekalipun [ Fathul BariSyarh Shahihul Bukhari [6/25] Kitab Al-jihad. Al-Hafizh Ibnu Hajarberkata: Sanad hadits ini shahih] .

Kisah tersebut juga diriwayatkan dengan redaksi lain Az-Zuhri danUrwah berkata: Ada seorang budak hitam dari Habasyah yang tinggal didaerah Khaibar, saat itu dia sedang menggembalakan kambing miliktuannya. Ketika dia melihat penduduk Khaibar telah memegang senjataperang mereka, dia bertanya,'Mau apa kalian', mereka menjawab,'Kamiakan memerangi orang laki-laki yang mengaku nabi itu.' Saat mendengarkata Nabi disebut dia langsung pergi dengan kambingnya menghadapkepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian bertanyapada beliau,'Kepada apa Anda mengajak orang' Nabi menjawab,'Aku akanmengajakmu kepada Islam kepada persaksian bahwa tidak ada Tuhan yangberhak disembah selain Allah dan bahwa aku ini adalah utusar Allah,dan aku juga mengajak agar kau tidak menyembah kecuali kepada Allah'.

Kemudian si budak tadi berkata 'Apa yang bisa aku dapatkan bila akumengikrarkan persaksian tadi dan beriman kepada Allah'. Jawab Nabishallallahu 'alaihi wa sallam,'Kau akan mendapatkan Surga bila matiatas hal itu.' Lalu dia masuk Islam dan berkata kepada Nabishallallahu 'alaihi wa sallam,'Hai Nabi Allah, kambing-kambing iniadalah amanat yang ada padaku.' Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menyarankan, 'Keluarkan kambing-kambing itu dari laskar kamidan lemparilah dengan batu kerikil niscaya Allah akar membantumumemberikan amanat itu pada yang punya. Lalu dia kerjakan apa yangdiperintahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam danternyata kambing-kambing itu kembali pulang kepada pemiliknya, hinggatuannya yang Yahudi itu tahu bahwa budaknya telah masuk Islam. Setelahitu beliau memberikan nasihat-nasihat kepada kaum muslimin.

Dalam riwayat ini juga disebutkan bagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihiwa sdllam memberikan bendera komando kepada Ali radhiallahu 'anhu Dandi bawah kepemimpinan Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu budak hitamitu meninggal. Kaum muslimin yang ada saat itu menggotongnya ke tempatberkumpulnya pasukan Islam, kemudian memasukkannya ke dalam kemah.Mereka berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menengokke dalam kemah lalu berkata kepada para sahabat: Sungguh, Allah telahmemuliakan budak ini dan menggiringnya menuju kebaikan.

Agama Islam telah benar-benar berada dalam hatinya. Sungguh, aku telahmelihat di sisi kepalanya dua bidadari yang cantik. Al-Hafizh Al-Baihaqimeriwayatkan kisah ini dengan sanadnya dari Jabir bin Abdillah, diaberkata: Suatu saat kami pernah bersama dengan Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam di perang Khaibar. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihiwa sallam mengirimkan pasukannya lain datanglah seseorang dengankambing-kambing yang sedang digembalakannya Untuk selanjutnya riwayatini sama dengan kisah budak hitam di atas.

Dalam riwayat tersebut dikatakan bahwa orang tersebut akhirnya terbunuh dalam keadaan syahid, sementara dia tidak pernah bersujud kepadaAllah Szlbhanahu wa Ta'ala sekalipun!

Artikel Masuk Surga Setelah Meninggalkan Kekufuran PadahalBelum Pernah Sujud Kepada Allah diambil dari http://www.asofwah.or.id
Masuk Surga Setelah Meninggalkan Kekufuran PadahalBelum Pernah Sujud Kepada Allah.

Tidak ada komentar: