Sabtu, 28 Juni 2008

Taubat Seorang Artis Dan Penari Terkenal Mesir,Haalah ash-Shaafy

Kumpulan Artikel Islami

Taubat Seorang Artis Dan Penari Terkenal Mesir,Haalah ash-Shaafy Soerang artis terkenal yang juga penari, Haalahash-Shaafy menceritakan kisah kenapa ia meninggalkan karirnya didunia seni dan memilih untuk bertaubat serta bagaimana ketenangan jiwayang ia rasakan ketika kembali ke rumahnya dan ke kehidupannya. Dengangaya bahasa yang amat menyentuh, ia menceritakannya dalam sebuahwawancara di salah sebuah majalah,

“Suatu hari, seperti biasa aku melakukan adegan menari di salah satuhotel terkenal di Cairo, Mesir. Saat menari, aku merasakan dirikuseperti mayat dan boneka yang bergerak tanpa makna. Dan untuk pertamakalinya aku merasa malu ketika menyadari dalam pose setengah telanjang,menari di hadapan mata kaum lelaki dan di tengah-tengah gelas-gelasyang dihampar.

Lalu aku tinggalkan arena tersebut dan cepat-cepat pergi sembarimenangis secara histeris menuju kamar gantiku dan mengenakan pakaiankukembali.

Selama hidupku, baru kali ini aku diliputi suatu perasaan yang belumpernah aku rasakan semenjak mulai menari dari usia 15 tahun lalu. Maka,aku pun segera berwudlu dan melakukan shalat. Ketika itu, untukpertama kalinya pula aku merasakan kebahagiaan dan kedamaian. Dansejak hari itu, aku mengenakan hijab sekalipun masih banyak sekalitawaran-tawaran menggiurkan yang disodorkan kepadaku atau pun beragamejekan dari sebagian orang. Aku pun melaksanakan manasik haji serayaberdiri dan menangis di hadapan ka’bah memohon kepada Allah kiranyamengampuni dosa-dosa yang telah aku lakukan pada hari-hari hitamku..”

Di akhir ceritanya yang menggugah hati, Halah berkata, “Haalah ash-Shaafytelah mati dan telah mengubur bersamanya masa lalunya. Ada pun sayasekarang ini adalah bernama Suhair ‘Abidin, Ummu Karim, pengasuh rumah,hidup bersama anak dan suamiku. Tetesan air mata penyesalan senantisamendampingiku atas hari-hari yang dulu pernah aku lakukan dari usiaku,yang jauh dari Khaliq-ku Yang telah memberikan segala sesuatu kepadaku.Sesungguhnya, aku kini adalah bayi yang baru dilahirkan, aku merasakanketenangan dan kedamaian setelah sebelumnya hanya perasaan cemas dansedih yang menjadi temanku sekalipun kekayaan demikian melimpah,selalu bergadang malam dan bersenang-senang….Aku telah melakukanmasa-masa yang lalu sebagai teman syetan, yang aku kenal hanyabersenang-senang dan menari. Aku telah hidup dalam kehidupan yang amatdibenci dan terhina. Syarafku selalu tegang tetapi sekarang aku merasabaru menjadi bayi kembali. Aku merasa berada di tangan yang begituamanat, yang membelai kasih sayang dan mengucapkan selamat padaku…Yah,Tangan Allah SWT.,”

[SUMBER: al-‘Aaidaat Ilallaah, karya Syaikh Muhammad bin ‘Abdul‘Aziz al-Musnad, h.15-16, sebagai dinukil dari Majallah al-‘Arabiyyah,Volume 140]

Artikel Taubat Seorang Artis Dan Penari Terkenal Mesir,Haalah ash-Shaafy diambil dari http://www.asofwah.or.id
Taubat Seorang Artis Dan Penari Terkenal Mesir,Haalah ash-Shaafy.

Tidak ada komentar: