Sabtu, 28 Juni 2008

Sulaiman Menyembelih Kuda Karena Allah, Lalu AllahMenggantinya Dengan (Anugerah) Angin yang Tunduk

Kumpulan Artikel Islami

Sulaiman Menyembelih Kuda Karena Allah, Lalu AllahMenggantinya Dengan (Anugerah) Angin yang Tunduk Allah Ta’ala berfirman:

“Dan Kami karuniakan kepada Daud, Sulaiman, dia adalah sebaik-baikhamba. Sesungguhnya dia amat ta’at [kepada Tuhannya]. [Ingatlah]ketika dipertunjukkan kepadanya kuda-kuda yang tenang di waktuberhenti dan cepat waktu berlari pada waktu sore, maka ia berkata:“Sesungguhnya aku menyukai kesenangan terhadap barang yang baik [kuda]sehingga aku lalai mengingat Tuhanku sampai kuda itu hilang daripandangan”. “Bawalah semua kuda itu kembali kepadaku”. Lalu ia potongkaki dan leher kuda itu.” [Shaad: 30-33].

Allah menyebutkan, bahwa Dia menganugerahkan kepada Daud puterabernama Sulaiman u. Allah memuji Sulaiman bahwa dia banyak kembalikepada-Nya, lalu Allah menyebutkan perkaranya tentang kuda. Berikutini kisahnya:

Sulaiman u begitu cintanya kepada kuda untuk digunakan jihad di jalanAllah. Beliau memiliki kuda-kuda yang kuat, cepat dan bersayap.Kuda-kudanya berjumlah 20 ribu. Ketika ia memeriksa dan mengaturkuda-kuda tersebut, ia ketinggalan shalat Ashar karena lupa, bukan disengaja. Saat ia mengetahui bahwa ia ketinggalan melakukan shalatkarena kuda-kuda tersebut, ia pun bersumpah, ‘Tidak, demi Allah,janganlah kalian [kuda-kudaku] melalaikanku dari menyembah Tuhanku.’Lalu beliau menitahkan agar kuda-kuda itu disembelih. Maka beliaumemukul leher-leher dan urat-urat nadi kuda-kuda tersebut denganpedang.

Ketika Allah mengetahui hamba-Nya yang bernama Sulaiman menyembelihkuda-kuda tersebut karena Diri-Nya, karena takut dari siksa-Nya sertakarena kecintaan dan pemuliaan kepada-Nya, karena dia sibuk dengankuda-kuda tersebut sehingga habis waktu shalat. Sebab hal tersebut,Allah lalu menggantikan untuknya sesuatu yang lebih baik darikuda-kuda tersebut, yakni angin yang bisa berhembus dengan perintahnya,sehingga akan menjadi subur daerah yang dilewatinya, perjalanannyasebulan dan kembalinya juga sebulan. Dan tentu, ini lebih cepat danlebih baik daripada kuda.

Karena itu, benarlah sabda Rasulullah : “Sesungguhnya tidaklahengkau meninggalkan sesuatu karena takut kepada Allah kecuali Allahakan memberi-mu [sesuatu] yang lebih baik daripadanya.” [HR. Ahmaddan Al-Baihaqi, hadits shahih].

Artikel Sulaiman Menyembelih Kuda Karena Allah, Lalu AllahMenggantinya Dengan (Anugerah) Angin yang Tunduk diambil dari http://www.asofwah.or.id
Sulaiman Menyembelih Kuda Karena Allah, Lalu AllahMenggantinya Dengan (Anugerah) Angin yang Tunduk.

Tidak ada komentar: