Minggu, 01 Juni 2008

Orang Yang Bangkrut di Akhirat

Kumpulan Artikel Islami

Orang Yang Bangkrut di Akhirat Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwaRasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertanya : Tahukah kaliansiapakah orang yang bangkrut [ pailit ] itu Maka mereka [ parasahabat ] menjawab : orang yang pailit di antara kita adalah orangyang tidak mempunyai uang dan harta. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihiwasallam menerangkan : orang yang pailit dari ummatku adalah orangyang datang pada hari kiamat dengan [pahala] shalat, puasa danzakatnya, namun dia datang dan [dahulu di dunianya] dia telah mencelasi ini, menuduh [berzina] si itu, memakan harta si ini, menumpahkandarah si itu dan telah memukul orang lain [ dengan tidak hak ], makasi ini diberikan kepadanya kebaikan orang yang membawa banyak pahalaini, dan si itu diberikan sedemikian juga, maka apabila kebaikannyasudah habis sebelum dia melunasi segala dosanya [ kepada orang lain ],maka kesalahan orang yang didzalimi di dunia itu dibebankan kepadanya,kemudian dia dilemparkan ke api neraka. HR. Muslim.

Keterangan singkat.

Di dunia ini, mungkin banyak orang-orang yang merasa kuat dapatmembebaskan diri mereka dari jeratan hokum akibat perbuatan dzalimmereka terhadap orang lain, baik berupa hutang, membunuh tanpa alasanyang dibenarkan oleh Allah, mencaci maki orang lain dan sebagainya,namun tidak demikian dengan hukum dan keadilan yang Allah tegakkan dihari kiamat kelak, pada saat itu tidak seorang-pun yang dapatmembebaskan diri dari kesalahannya selama di dunia yang dia tak pernahbertaubat dan menyesalinya, orang yang mereka dzalimi datang kehadapanAllah mengadukan kedzaliman orang tersebut sedang ia bergantung dengankepala saudaranya sambil berkata : wahai Tuhan-ku tananyakan kepadaorang ini [ yang telah membunuhku ] kenapa dia telah membunuhku didunia dan sebagainya, sehingga Rasulullah shallallahu 'alaihiwasallam berwasiat kepada ummatnya dengan sabdanya : Barangsiapadisisi ada perbuatan dzalim terhadap saudaranya, maka hendaklah iameminta dihalalkan [ dimaafkan ] sekarang sebelum datang hari yangtidak berlaku pada saat itu emas atau perak.sebelum diambil darinyakebaikannya untuk membayar kedzalimannya terhadap saudaranya, dan jikadia tidak mempunyai kebaikan, maka dibebankan kepadanya keburukansaudaranya itu kepadanya. HR.Bukhari.

Oleh karena itu, segeralah kita membabaskan diri kita dari mendzalimiorang lain, penuhilah setiap yang mempunyai hak akan haknya, danjangan menunggu hari hari esok karena tidak seorangpun yang mengetahuiakan keberadaannya di esok hari.

Kandungan hadits :

Hadits ini menerangkan akan adanya pembalasan di hari kiamat.

Orang yang mendzalimi saudaranya di dunia, sedang dia belumbertaubat dari kedzaliman tersebut dengan meminta maaf ataumengembalikan haknya, maka dia harus membayarnya dengan kebaikannya.

Artikel Orang Yang Bangkrut di Akhirat diambil dari http://www.asofwah.or.id
Orang Yang Bangkrut di Akhirat.

Tidak ada komentar: