Rabu, 02 Juli 2008

Nasihat Bagi Muslimah! Cara Memanfaatkan Waktu

Kumpulan Artikel Islami

Nasihat Bagi Muslimah! Cara Memanfaatkan Waktu Bila waktu tidak digunakan dengan baik maka akanterbuang untuk perkara yang sia-sia. Semua orang merasakan hal itu.Maka jika seseorang tidak mengisi waktunya dengan kebaikan, ia akanmenghabiskan waktunya untuk kejelekan. Orang yang tidak mengambilfaedah dari waktu mereka, menyia-nyiakannya untuk perkara yangmerugikan, maka waktunya itu akan menjadi padang rumput bagisyetan-syetan yang senantiasa membolak-balikkannya dalam kesesatan.Na'udzubillah.

Orang-orang yang sadar akan cepatnya waktu berlalu, mereka adalahorang-orang yang mendapatkan taufik dari Allah sehingga waktu merekabenar-benar bermanfaat. Dari Abdullah Ibnu Mas'ud RA bahwasanya diaberkata: Tidaklah aku menyesali sesuatu, seperti penyesalanku atassuatu hari yang berlalu dengan terbenamnya matahari, semakin berkurangumurku tetapi tidak bertambah amalanku.

Maka perlu Anda ketahui beberapa hal wahai ukhti muslimah tentangbagaimana memanfaatkan waktumu:

1. Membaca bacaan yang bermanfaat

Wahai ukhti muslimah, hendaklah engkau memperbanyak membaca Al-Qur'anulKarim dan menghafal serta mendengarkannya. Rasul Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda: Orang yang membaca Al-Qur'an sedang diaterbata-bata dalam membacanya serta kesulitan dalam membacanya makadia mendapatkan dua pahala, sedangkan orang yang membaca dengan mahirmaka dia bersama para penulis kitab [malaikat] yang mulia lagiberbakti. [HR. Al-Bukhari dan Muslim].

2. Berdzikir kepada Allah

Ini adalah amalan yang mudah, setiap orang mampu melakukannya, baikorang kaya maupun miskin, orang yang berilmu maupun jahil, orangmerdeka atau budak, laki-laki maupun wanita, besar ataupun kecil.

Wahai ukhti muslimah, hendaknya engkau berdzikir kepada Allah dalamsetiap keadaan, dan jadikanlah berdzikir sebagai amalan yang mengisihari-harimu, lebih-lebih lagi hal itu merupakan amalan yang amat mudahengkau lakukan.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam telah mengabarkan perbedaanantara orang yang berdzikir kepada Allah dengan orang yang tidakberdzikir, seperti perbedaan antara orang yang hidup dan orang yangmati. Sabda Rasul Shalallahu 'alaihi wa sallam :Barangsiapa yang bangun di malam hari kemudian mengucapkan:

Laa ilaha illallahu wah dahu laa syarikalahu lahul mulku walahul hamdubiyadihil khair yuhyii wayumiitu wahuwa 'ala kulli syaiin qadiir.SubhaanAllahi Walhamdulillaahi walaa ilaha illallahu waAllaahu akbarwalaa haula wala quwwata illaa billaahi.

kemudian dia berdo'a : Allaahummagfirli.

[Ya Allah ampunilah aku] niscaya akan diterima do' anya. Dan jika diaberwudhu [untuk shalat] niscaya diterima shalatnya . [HR. Al-Bukhari].

3. Mendidik anak-anak

Wahai ukhti muslimah, mendidik anak-anak merupakan tanggung jawab yangagung, tugas itu merupakan tanggung jawab yang besar bagimu. Karenalaki-laki lebih banyak kesibukannya daripada wanita dan lebih sedikittinggal di rumah. Adapun seorang ibu lebih dekat kepada anak-anaknyadan lebih banyak di rumah.

4. Memerintahkan kepada yang ma'ruf dan melarang dari yang mungkar

Dari Abu Said Al-Khudri RA dia berkata:Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Barang-siapa diantara kalian melihat kemungkaran hendaklah dia mengubah dengantangannya, jika tidak mampu maka ubahlah dengan lisan [nasihat]. Danjika tidak mampu maka hendaklah meng-ubahnya dengan hati [tidak senangdengan kemungkaran itu] dan itulah selemah-lemah iman'. [HR.Muslim].

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan wanitamuslimah dalam menjaga waktunya:

1. Hendaklah dia senantiasa merasa diawasi Allah Ta'ala dan takutkepadaNya.

Seorang wanita muslimah yang merasa diawasi oleh Allah SWT, takutkepadaNya dan merasa takut akan hukumanNya serta mengharapkanpengampunanNya tidak mungkin menyia-nyiakan waktunya tanpa faedah,bahkan dia lebih semangat untuk mengoreksi dirinya setiap saat.

2. Wanita muslimah hendaklah mengetahui waktu dan tempat yangmempunyai keutamaan.

Wanita muslimah perlu mengambil faedah, dengan mengetahui waktu-waktudan tempat-tempat yang mempunyai keutamaan. Misalnya, kapandilipatganda-kannya pahala setiap amalan. Di antaranya adalahsepertiga akhir malam. Ia merupakan waktu yang utama dan waktudikabulkannya do'a.

3. Wanita muslimah hendaknya mengetahui kewajiban-kewajibannya.

Di antaranya kewajiban kepada Rabb-nya, kewajiban kepada orang tuanya,kewajiban kepada suaminya, kewajiban terhadap anaknya, kewajibanterhadap kaum kerabatnya, kewajiban terhadap tetangga, kewajibanterhadap saudara dan temannya, dan kewajiban terhadap masyarakatnya.

Wanita muslimah harus mendirikan shalat lima waktu tepat pada waktunya.Tidak melalaikan waktu-waktu shalat tersebut karena disibukkanpekerjaan-pekerjaan rumah tangga, atau tugas sebagai ibu dan istri.Sebab shalat merupakan tiang agama, siapa yang menegakkannya berartidia menegakkan agama, dan siapa yang meninggalkan-nya berarti diatelah merobohkan agama. Shalat merupakan amal yang paling utama.

Diriwayatkan Abdullah bin Mas'ud RA dia berkata: Aku bertanyakepada Rasulullah SAW apakah amal yang paling utama Beliau menjawab, Shalat tepat pada waktunya. Aku bertanya, kemudian apa lagi Beliaumenjawab, Berbakti kepada orang tua. Aku bertanya, kemudian apalagi Beliau menjawab, Jihad di jalan Allah. [Muttafaq Alaih].

Wanita muslimah yang taat tidak merasa cukup hanya melaksanakan shalatwajib lima waktu, tetapi juga melaksanakan shalat-shalat sunnahrawatib dan nawafil [sunnah secara mutlak], sesuai dengan kesempatandan kesanggupannya, seperti shalat dhuha dan shalat tahajud. Sebabshalat-shalat sunah ini dapat mendekatkan hamba kepada Rabb -nya,mendatangkan kecintaan Allah dan ridhaNya, menjadikannya termasukorang-orang yang shalih, taat dan beruntung.

Sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadist qudsy Allah berfirman: Hambakusenantiasa mendekatkan diri kepadaKu dengan melaksanakan shalat-shalatnafilah hingga Aku mencintainya. Jika Aku sudah mencintainya, maka Akumenjadi pendengarannya, dengannya dia mendengar, Aku menjadipenglihatannya, dengannya dia melihat, Aku menjadi tangannya,dengannya dia bertindak, Aku menjadi kakinya, dengannya dia berjalan.Jika dia memohon kepadaKu maka Aku benar-benar akan memberinya danJika dia meminta perlindungan kepadaKu maka Aku benar-benar akanmelindunginya . [HR.Al-Bukhari].

Dan hal-hal lain yang merupakan kewajiban seorang wanita muslimah, danjangan lupa memohon taufik kepada Allah untuk merealisasikan semua itu!

4. Hendaklah seorang wanita muslimah memilih majlis yang baik.

Seorang manusia sesuai tabiatnya tidak mungkin hidup sendiri bahkandia harus mempunyai teman duduk, dan yang paling ideal adalah temanduduk yang mempunyai akhlak yang mulia. Sebagaimana sabda NabiShalallau 'alahi wa sallam :Sesungguhnya perumpamaan teman yang baik dengan teman yang burukadalah seperti pembawa minyak wangi dengan seorang pandai besi .[HR. Al-Bukhari dan Muslim].

Mudah-mudahan Allah Taala memberi kekuatan kepada kita agar senantiasadapat menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Amin

Maraji: Kaifa Taqdhi Al-Maratul Muslimah Waqtaha: Sulaiman IbnuMuhammad, Risalah Ila Kulli Muslim: Abdullah Ibnu Jarullah Ibrahim Al-Jarullah,Syakhshiyah Al-Mar'ah Al-Muslimah: Dr. Muhammad Ali Al-Hasyimy danHadits Arba'in An-Nawawi.

[Ummu Abdillah]

Artikel Nasihat Bagi Muslimah! Cara Memanfaatkan Waktu diambil dari http://www.asofwah.or.id
Nasihat Bagi Muslimah! Cara Memanfaatkan Waktu.

Tidak ada komentar: