Rabu, 02 Juli 2008

Hak Allah Lebih Penting Daripada Hak Suami

Kumpulan Artikel Islami

Hak Allah Lebih Penting Daripada Hak Suami

>> Pertanyaan :

Saya seorang perempuan tua dan kaya. Saya telah mengajukan lebih darisatu kali kepada suami saya untuk menunaikan ibadah haji, akan tetapiia menolak permintaan saya untuk menunaikan ibadah haji tanpa sebabyang jelas. Dan saya punya saudara laki-laki hendak pergi ibadah haji.Apakah saya boleh pergi haji bersamanya sekalipun suami saya tidakmengizinkan, ataukah saya tidak perlu pergi haji tetapi tinggal dikampung halaman mentaati suami Saya memohon fatwanya, jaza-kumullahkhairan.?

>> Jawaban :

Karena ibadah haji itu wajib dilakukan segera dengan terpenuhinyasyarat-syaratnya; dan karena perempuan juga memiliki taklif [bebankewajiban] dan kemampuan serta mahram, maka ia wajib segera pergi haji,dan suaminya haram melarangnya tanpa alasan yang jelas. Ia boleh pergibersama saudara lelakinya sekalipun suami tidak menyetujuinya, sebabkewajiban telah menjadi pasti baginya sebagaimana kepastian kewajibanshalat dan puasa. Maka hak Allah harus didahulukan dan suami tidakberhak melarangnya menunaikan kewajiban ibadah haji tanpa alasan yangjelas. Hanya Allahlah yang memberi petunjuk ke jalan yang lurus.

[ Ibnu Jibrin: Fawaid wa fatawa yahummul marah al-Muslimah, hal. 101.]

Artikel Hak Allah Lebih Penting Daripada Hak Suami diambil dari http://www.asofwah.or.id
Hak Allah Lebih Penting Daripada Hak Suami.

Tidak ada komentar: