Kumpulan Artikel Islami
Hukum Qoza Dan Mencabut Uban Hukum Qoza Dan Mencabut Uban
Kategori Fiqih Ibadah
Senin, 17 Januari 2005 14:05:29 WIBHUKUM QOZA DAN MENCABUT UBANOlehSyaikh Abdul Aziz Muhammad As-SalmanPertanyaan.Apa yang dimaksud dengan qoza Bagaimana hukumnya dan apa dalilnya Jawaban.Yang dimaksud dengan qoza adalah mencukur sebagian rambut kepala dan membiarkan sebagian yang lain. Adapun hukumnya adalah makruhDalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Nafi’ dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata.â€Å"Artinya : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang qozaâ€ÂKemudian Nafi’ ditanya, â€Å"Apa yang dimaksud dengan qoza †Dia menjawab, â€Å"Mencukur sebagian rambut kepala dan membiarkan sebagian yang lain†[Bukhari No. 5576 dan Muslim No. 2120]Begitupula hadits lain dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, â€Å"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seorang anak yang dicukur sebagian rambut kepalanya dan dibiarkan sebagian yang lain, maka beliau melarang perbuatan mereka itu dengan bersabda.â€Å"Artinya : Cukurlah seluruhnya atau biarkan saja seluruhnya†[Ahmad II/88, Abu Dawud No. 4195, Nasa’i 5048 dan Nasa’i dengan sanad yang shahih]Pertanyaan.Apa hukumnya mencabut uban dan hukum mengubah warnanya [menyemirnya] Apa pula dalilnya Jawaban.Mencabut uban hukumnya makruh [dibenci]. Demikian pula mengubah warnanya [menyemir] dengan warna hitam hukumnya makruh.Adapun dalil larangan mencabut uban adalah sebuah hadits dari Amru bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.â€Å"Artinya : Janganlah kalian mencabut uban karena uban itu cahaya seorang muslim. Tidaklah seorang muslim tumbuh ubannya karena [memikirkan] Islam malainkan Allah tulis untuknya [dengan sebab uban tersebut] satu kebaikan, mengangkatnya [dengan sebab uban tersebut] satu derajat, dan menghapus darinya [dengan sebab uban tersebut] satu kesalahan†[Ahmad II/179, 210 â€âœdan ini lafalnya, Abu Dawud No. 4202]Begitu pula hadits dari Ka’ab bin Murrah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.â€Å"Artinya : Barangsiapa yang tumbuh ubannya karena [memikirkan] Islan, maka pada hari kiamat nanti dia akan mendapatkan cahayaâ€Â[Tirmidzi No. 1634 â€âœdan ini lafalnya-, dan Nasa’i 3144 dengan tambahan lafal ‘fii sabilillah’]Adapun dalil kemakruhan mengubah warna uban dengan warna hitam adalah berdasarkan hadits dari Jabir bin Abdullah Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, â€Å"Pada hari ditaklukannya kota Mekkah, Abu Quhafah [ayah Abu Bakar Ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu] dibawa menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang rambut kepalanya putih seperti kapas, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.â€Å"Artinya : Bawalah dia ke salah seorang isterinya agar mengubah warna rambutnya dengan sesuatu [bahan pewarna] dan jauhilah warna hitamâ€Â[Hadits Riwayat Jama’ah kecuali Bukhari dan Tirmidzi] [1]Abu Dawud No. 4212 dan Nasa’i No. 5075 telah meriwayatkan sebuah hadits dan Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulllah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda.â€Å"Artinya : Pada akhir zaman nanti akan ada suatu kaum yang menyemir dengan warna hitam seperti arang. Mereka ini tidak akan mencium bau harumnya surgaâ€Â.Adapun mengubah [menyemir] rambbut dengan inai dan katam [2] maka hukumnya sunnah, dan tidak [memyemir] dengan tumbuhan waros dan za’faron [3]. Hal ini berdasarkan hadits dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.â€Å"Artinya : Sesungguhnya sebaik-baik bahan untuk mengubah [menyemir] uban ini adalah inai dan katam†[Ahmad V/147, 150, 154, 156, 169. Tirmidzi No. 1752. Abu Dawud No. 4205, Nasa’i No. 5062. Ibnu Majah No. 3622]Dan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, ‘Pernah ada seorang laki-laki melewati Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang rambut ubannya disemir dengan inai, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.â€Å"Artinya : Betapa bagusnya iniâ€Â.Ibnu Abbas berkata, kemudian laki-laki lain lewat sedang rambut ubannya disemir dengan inai dan katam, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.â€Å"Artinya : Ini lebih baik dari yang tadiâ€Â.Kemudian laki-laki lain lewat sedang rambut ubannya disemir dengan warna kuning, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.â€Å"Artinya : Ini adalah yang terbaik dari semuanya†[Abu Dawud No. 4211, diriwayatkan juga oleh Ibnu Majah No. 3627][Disalin dari kitab Al-As’ilah wa Ajwibah Al-Fiqhiyyah Al-Maqrunah bi Al-Adillah Asy-Syar’iyyah jilid I, Disalin ulang dari Majalah Fatawa 06/I/rabi’ul Awwal 1424H -2003M]_________Foote Note[1] Lihat shahih Muslim No. 2102, Sunan Abu Dawud No. 4206, Sunan An-Nasa’i No. 5076 dan 5242, Sunan Ibnu Majah 3642 dan Musnad Ahmad III/316[2] Sejenis tumbuhan yang menghasilkan waran kemerah-merahan atau kekuning-kuningan, semacam pacar.[3] Sejenis tumbuhan yang menghasilkan waran kemerahan atau kekuningan.
Sumber : http://almanhaj.or.id/index.phpaction=more&article_id=1308&bagian=0
Artikel Hukum Qoza Dan Mencabut Uban diambil dari http://www.asofwah.or.id
Hukum Qoza Dan Mencabut Uban.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar