Minggu, 08 Juni 2008

Wanita Tomboy (Wanita Yang Menyerupai laki-Laki)

Kumpulan Artikel Islami

Wanita Tomboy (Wanita Yang Menyerupai laki-Laki) Di Zaman kita sekarang telah muncul sekelompokwanita yang menyimpang dari fitrah Allah, padahal Allah telahmenciptakan manusia di atas fitrah itu. Mereka menunjukkan sifat yangtidak sesuai dengan tabiat kewanitaan mereka, padahal Allah telahmenjadikan tabiat tersebut untuk membedakan dengan tabiat laki-laki.Mereka menyangka bahwa mereka bisa berubah menjadi laki-laki.Akibatnya sekelompok wanita tersebut banyak menemui kesulitan dankesempitan, mereka mengalami problem fisik dan psikis, menjadiwanita-wanita yang tersisihkan yang dibenci sekaligus menjadipelampiasan kemarahan suami dan anak-anak mereka.

Disamping itu ada ancaman yang amat keras lagi bagi para wanita yangmeyimpang dari fitrah dan kodrat kewanitaan mereka serta menyerupailaki-laki dalam hal berpakaian, penampilan, akhlak dan tindakan. Dalamsebuah hadits shahih dari ibnu Abbas Radhiallaahu anhu dia berkata:

“Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam telah melaknat laki-lakiyang menyerupai wanita dan wanita yang berpenampilan seperti laki-laki[HR. Al-Bukhari]. Laknat artinya terusir dan dijauhkan dari rahmatAllah Hadits lain yang juga diterima dan Ibnu Abbas ra dia berkata:

“Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam telah melaknat kaum laki-laki yangberpenampilan seperti wanita dan wanita yang berpenampilan laki-laki,”[HR. Al-Bukhari] wanita yang berpenampilan seperti laki-laki artinyayang meniru-niru laki-laki dalam berpakaian dan penampilan. Adapunmeniru dalam hal ilmu dan pemikiran maka hal itu terpuji.

Dari Salim Bin Abdullah dari bapaknya, dia berkata: “Telah bersabdaRasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam : “Ada tiga golonganmanusia yang tidak akan dipandang oleh Allah Azza Wajalla pada harikiamat: Orang yang durhaka kepada orang tua, wanita yang menyerupailaki-laki, dan Dayuts [orang yang tidak punya rasa cemburu Pent.]”

[HR. An-Nasai]

Beberapa bentuk penyerupaan wanita terhadap laki-laki

Banyak sekali bentuk penyerupaan wanita terhadap laki-laki. Masalahini tidaklah terbatas hanya dalam hal pakaian saja tetapi mencakuplebih dari itu, diantara bentuk [penyerupaan] terhadap laki-laki yangsering dilakukan oleh para wanita adalah:

Menyerupai laki-laki dalam hal berpakaian berupamemakai pakaian yang persis menyerupai pakaian laki-laki dan memakaicelana panjang yang pada asalnya merupakan pakaian laki-laki dariAbu Hurairah Radhiallaahu anhu bahwa Rasul Shallallaahu alaihi waSallam melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita dan wanitayang memakai pakaian laki-laki pernah ditanyakan kepada AisyahRadhiallaahu anha bahwa ada seorang wanita yang memakai sandal[model laki-laki-pent], maka berkatalah Aisyah: “RasulShallallaahu alaihi wa Sallam melaknat wanita yang meniru-nirulaki-laki.” [HR. Abu Dawud].

Tidak berpegang teguh terhadap Hijab [pakaianwanita muslimah] yang disyariatkan. Imam Adz-Dzahabi berkata:“Diantara perbuatan yang menyebabkan terlaknatnya wanita adalahmenampakkan perhiasan, emas dan berlian di balik cadar [hijab] danmemakai wangi-wangian ketika keluar atau memakai pakaian yangmencolok [norak] ... Semua itu termasuk tabarruj yang dimurkai Allahdan dimurkai pula orang yang melakukannya di dunia dan akhirat.”

Banyak keluar rumah tanpa ada keperluan baikbersama sopir pribadi, naik kendaraan umum atau menyetir sendiriseperti yang banyak terjadi dibeberapa negara atau berjalan kakisekalipun jaraknya jauh.

Berdesak-desakan dengan laki-laki dan bercampurbaur dengan mereka di pasar-pasar dan di tempat-tempat umum, bahkansebagian mereka tidak merasa malu untuk mengantri di barisanlaki-laki ketika menunggu, masuk dan duduk diantara laki-lakikhususnya di lapangan bisnis.

Meninggikan suara dalam berbicara denganlaki-laki dengan suara yang keras sehingga terdengar dari kejauhan.Padahal tabiat seorang wanita biasanya berbicara rendah danmenghindari berbicara dengan laki-laki asing.

Meniru kebiasaan laki-laki dalam hal berjalan danberaktifitas, berupa berjalan di pasar-pasar atau jalanan sepertiberjalannya laki-laki dengan gagah menyerupai gerakan laki-laki yangmenampakkan kegagahan dan kejantanan.

Kasar dalam bermuamalah dan berakhlak dengankeluarga dan kerabatnya, tidak lembut, galak, keras kepala dan tidakmenghargai orang lain, sifat-sifat ini tercela bagi laki-laki makabagaimana bagi wanita

Tidak memakai perhiasan yang khusus bagi wanitaseperti pacar, celak mata, dan yang lainnya sehingga menjadi sepertilaki-laki dalam bentuk dan penampilan. Aisyah Radhiallaahu anhuberkata: Ada seorang wanita menyodorkan sebuah buku dengan tangannyadari balik hijab kepada Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam,beliaupun mengambilnya lalu berkata: “Aku tidak tahu apakah initangan laki-laki ataukah tangah wanita” Aisyah menjawab: “Ta-nganwanita.” Beliau berkata lagi: “Kalau engkau wanita maka engkau harusmerubah kuku-kukumu,” maksudnya dengan pacar.” [HR. Abu Dawud]

Menyerupai laki-laki dalam berpenampilan berupamemotong rambut seperti potongan rambut laki-laki, memanjangkankuku, posisi ketika berdiri atau duduk dan sebagainya.

Melepaskan diri dari pengawasan suami atau wali.Dia tidak mau menerima kalau dirinya berada di bawah pengaturansuami atau wali dia menginginkan kebebasan bertindak secara mutlaktanpa izin atau pengawasan laki-laki yang memang bertanggung jawabatas dirinya.

Bepergian tanpa mahram dengan berbagai alattransportasi dan yang paling masyur adalah pesawat terbang. Diasendirilah yang membeli tiket, pergi ke bandara, dan bepergian tanpamahram yang menyertainya dan melindunginya dari orang-orang fasik.Perbuatannya itu telah menyimpang dari diennya [agamanya] dantabiatnya. Rasul Shallallaahu alaihi wa Sallam telahbersabda:”Janganlah seorang wanita bepergian [safar] kecuali denganmahramnya.” [muttafaq ‘alaih]

Sedikitnya rasa malu, seorang wanita tomboy telahtercabut rasa malu dari kepribadian dan akhlaknya, ia tak ubahnyaseperti pohon bugil tak berkulit. Berbicara tentang segala hal,ngobrol dengan setiap orang pergi ke berbagai tempat tanpa rasa maludan akhlak, sebagai mana sabda Rasul Shallallaahu alaihi wa Sallamdalam sebuah hadits yang shahih: “Sesungguhnya diantara hal yangtelah diketahui manusia dari ucapan para nabi yang dulu adalah:Kalau kamu tidak merasa malu maka bertindaklah semaumu.”

Inilah beberapa bentuk penyerupaan wanita terhadap laki-laki yangkeburukannya begitu nyata dikalangan para wanita, dan hal ini amatpatut disesalkan. Dari penjelasan di atas bisa kita tarik kesimpulanyang menyeluruh tentang definisi wanita tomboy yaitu: wanita yangmenyerupai laki-laki dalam hal berpakaian, penampilan, berjalan,berbicara, meninggikan suara, beraktifitas dan bercampur baur. Atausecara ringkasnya bahwa seorang wanita dikatakan tomboy kalau diameniru seperti laki-laki [padahal yang ia tiru adalah merupakan cirilaki-laki yang bertentangan dengan kodrat kewanitaannya-pent].

Beberapa sebab seorang wanita menjadi tomboy

Ada beberapa penyebab yang mendorong seorang wanita menjadi tomboyyang secara umum diantaranya adalah sebagai berikut:

Kurangnya iman dan sedikitnya rasa takut kepadaAllah, karena terjerumusnya seseorang kepada maksiat baik dosa kecilataupun dosa besar merupakan akibat dari kurangnya iman dan lemahnyaperasaan merasa diawasi oleh Allah Azza wa Jalla.

Pendidikan yang jelek, peribahasa mengatakanbahwa seseorang adalah anak bagi lingkungannya. Bila lingkungantempat dia hidup merupakan lingkungan yang shaleh, maka diapun akanshaleh, kalau lingkungannya jelek maka diapun akan seperti itu.Seorang anak wanita yang hidup dirumah yang semrawut yang kosongdari pendidikan yang baik pada umumnya akan menyeret dia kepadaberbagai penyimpangan.

Pengaruh media masa dengan berbagai bentuk danjenisnya, baik tontonan, yang di dengar, ataupun bacaan. Di dalamnyaberkembang dan tersebar pemikiran-pemikiran sesat dan penyimpanganyang akan menyesatkan para wanita dan mendorong mereka untukmelanggar norma agama dan prinsip-prinsip kebenaran.

Taklid buta, dia berpakaian dan berprilaku tanpamemahami dan mengetahui apa yang dia lakukan, juga tidak memikirkanmanfaat dan madharaat-nya. Dia hanya sekedar ikut-ikutan kepada apayang ada di sekitar dirinya, dari kawan-kawannnya dan dari paraseniwati [artis atau bintang], sekalipun hal itu bertendengan tabiatkewanitaannya.

Kawan bergaul yang jelek, di antara hal yangtidak diragukan lagi adalah kawan bergaul yang mempunyai pengaruhbesar dalam pribadi seseorang baik positif ataupun negatif.Sebagaimana sabda nabi Muhammad Shallallaahu alaihi wa Sallam :“Perumpamaan kawan bergaul yang saleh dengan kawan bergaul yangjelek seperti orang yang menjual minyak wangi dengan peniup pandebesi [kiir]. Panjual minyak wangi mungkin dia akan memberikankepadamu atau kamu membeli darinya, atau kamu bisa mencium harumnya.Adapun peniup pande besi mungkin dia bisa membakar pakaianmu ataukamu mencium bau busuk darinya.” [Muttafaq ‘alaih].

Kurang percaya diri dan upaya menarik perhatian,sebagian wanita ada yang merasa kurang percaya diri dan berupayamenutup kekurangan itu dengan cara yang justeru menyeret merekakepada keburukan yaitu menyerupai laki-laki dalam berperilaku,penampailan, pakaian dan sebagainya.

Contoh yang buruk, contoh [figur] merupakan unsurpendidikan yang terpenting. Kadang-kadang seorang ibu berprilakumenyerupai laki-laki lalu di contoh oleh anak perempuannya. Umumnyapara anak wanita memiliki kepribadian karena mencontoh ibu-ibumereka. Maka seorang ibu yang tidak menghargai dan tidak menghormatiayah, pada umumnya anak wanitanya pun bertabiat seperti itu yaitutidak menghargai suami mereka. Dan seorang ibu yang kasar nadabicaranya dan selalu keras dalam bersuara maka anak wanita-nya punakan mewarisi sifat ini pula.

Tidak adanya rasa cemburu dari suami atau walinya,sehingga tidak mencegah dia dari penyimpangan dalam masalah hijabdan pakaian dan tidak melarangnya dari perilaku yang tidak layak.

Demikian diantara sebab-sebab terpenting yang dapatmenjerumuskan wanita ke dalam sikap meniru kaum laki-laki. SemogaAllah menjaga kita dari segala perbuatan yang menyelisihi syari’atNyaserta membimbing kita semua agar tetap diatas fitrah yang diridhaiNya.

Dari Nasyrah Darul Wathan, “Al-Mustarjilah, al-mar’ah al-musyabbihahbir rijal”, Hamud bin Ibrahim As-Sulaim [Abu Haidar]

Artikel Wanita Tomboy (Wanita Yang Menyerupai laki-Laki) diambil dari http://www.asofwah.or.id
Wanita Tomboy (Wanita Yang Menyerupai laki-Laki).

Tidak ada komentar: