Kamis, 12 Juni 2008

Sederhana Di Dalam Menyelenggarakan ResepsiPernikahan

Kumpulan Artikel Islami

Sederhana Di Dalam Menyelenggarakan ResepsiPernikahan

>> Pertanyaan :

Apa saja perbuatan yang boleh dilakukan untuk memaklumkan pernikahanbagi laki-laki dan perempuan Apa pula nasehat Syaikh kepada merekayang berlebih-lebihan dalam melaksanakan pesta resepsi pernikahan,seperti menyewa gedung resepsi pernikahan dengan harga lebih dari 1000Real untuk satu malam; juga seperti berlebih-lebihan dalam menyediakanhidangan makanan dan minuman, dan begitu pula pakaian perhiasanpenganten yang harganya mencapai 17.000 Real?

>> Jawaban :

Resepsi-resepsi yang diselenggarakan untuk pernikahan atau acara-acaralainnya adalah seperti aktifitas-aktifitas lainnya yang dilakukan olehseseorang. Maksudnya, apabila ia dilakukan di dalam batas-batassyariat maka tidaklah mengapa, dan apabila melebihi batas-batassyariat maka menjadi haram, sebab Allah Subhannahu wa Ta'ala telahmenjelaskan satu kaidah umum di dalam Al-Quran, seraya berfirman,

Makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. [Al-Araf: 31].

Maka apa saja yang mengandung unsur israf [berlebih-lebihan] dankeluar dari batas-batas kewajaran adalah terlarang. Dari itu Allahmemuji [orang-orang yang bertindak wajar], seraya berfirman,

Dan orang-orang yang apabila membelanjakan [harta], mereka tidakberlebih-lebihan, dan tidak [pula] kikir, dan adalah [pembe-lanjaanitu] di tengah-tengah antara yang demikian. [Al-Furqan: 67].

Nasehat saya kepada suadara-saudara kaum Muslimin adalah hendaknyasederhana di dalam penyelenggaraan pesta-pesta pernikahan, baik yangmenyangkut resepsinya, tempatnya ataupun pakaiannya, sebab nikah yangpaling banyak berkahnya adalah nikah yang paling ringan biayanya.Biaya yang berlebih-lebihan itu dapat menjadi penghalang bagi pararemaja untuk menikah, sebab beban pembelanjaan sebesar itu sangatmemerlukan banyak biaya, dan beban biaya biasanya ditanggung olehpihak lelaki yang menyunting si perempuan itu.

[ Fatwa Syaikh Ibnu Utsaimin di dalam Majalah Dawah, edisi 1307. ]

Artikel Sederhana Di Dalam Menyelenggarakan ResepsiPernikahan diambil dari http://www.asofwah.or.id
Sederhana Di Dalam Menyelenggarakan ResepsiPernikahan.

Tidak ada komentar: