Kamis, 12 Juni 2008

Hukum Menggantung Kertas-kertas yang BertuliskanAyat-ayat dan Selainnya Pada Leher Anak-anak

Kumpulan Artikel Islami

Hukum Menggantung Kertas-kertas yang BertuliskanAyat-ayat dan Selainnya Pada Leher Anak-anak Apa hukum orang-orang yang melakukan sihir Yakni,orang-orang yang menulis ayat-ayat al-Qur'an dan Asma Allah Subhannahuwa Ta'ala serta menjualnya kepada khalayak seraya mengatakan, Inilahyang akan memeliharamu ; atau ketika anak dilahirkan atau sakit,mereka menulis pada kertas dan menggantungkan di lehernya; ataumemberikan kepada pelajar [seraya mengatakan], Inilah yang akanmembuatmu cerdik dan berakal terutama di tanah air kami, Afrika, danbeberapa negara Arab.?

>> Jawaban :

Diharamkan menulis sesuatu dari selain al-Qur'an dan Asma' Allah padakertas atau selainnya untuk digantungkan di leher anak-anak yang sakit,binatang ternak, atau sejenisnya, karena mengharapkan kesembuhan;menggantungkan pada mereka ka-rena berharap terjaga dari berbagaipenyakit, tipu daya musuh atau tertimpa penyakit 'ain dan kedengkian;atau digantungkan pada para penuntut ilmu karena mengharapkankecerdasan, cepat hapalan, kepahaman dan selainnya. Nabi Shalallaahualaihi wasalam telah menyebutnya sebagai kesyirikan, dengan sabdanya,

Barangsiapa menggantungkan tamimah, maka ia telahsyirik.

Diharamkan pula menjualnya serta menggantungkannya, dan harga yangdiperoleh dari menjual kertas-kertas ini adalah haram. Para pejabatberwenang wajib mencegahnya dan meng-hukum para pelakunya serta siapasaja yang pergi kepada mereka, dan menjelaskan bahwa ini termasuktamimah yang diharamkan oleh Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam,agar mereka tertuntun kepada kebenaran dan berhenti darikeharaman-keharaman.

Adapun menulis ayat-ayat al-Qur'an, Asma' Allah dan sejenisnya berupadzikir-dzikir dan doa-doa yang shahih, maka ini diperselisihkan dikalangan ulama. Di antara mereka ada yang mengharamkannya darikalangan ulama salaf dan di antara mereka ada yang memberi keringanan.Dan, yang benar, bahwa itu tidak boleh, berdasarkan keumumanhadits-hadits yang melarang menggantungkan tamimah, dan menutup jalandari menggantungkan tamimah dari selain al-Qur'an serta melindungi al-Qur'andan Asma Allah dari segala yang tidak pantas.

Semoga shalawat dan salam senantiasa Allah limpahkan atas Nabi kita,Muhammad, keluarganya dan para sahabatnya.

Fatwa-Fatwa al-Lajnah ad-Da'imah, jilid 1, hal. 207-208

Artikel Hukum Menggantung Kertas-kertas yang BertuliskanAyat-ayat dan Selainnya Pada Leher Anak-anak diambil dari http://www.asofwah.or.id
Hukum Menggantung Kertas-kertas yang BertuliskanAyat-ayat dan Selainnya Pada Leher Anak-anak.

Tidak ada komentar: