Sabtu, 07 Juni 2008

Meninggalkan Zina, Lalu Allah Menggantinya DenganKerajaan Dan Wanita yang Halal

Kumpulan Artikel Islami

Meninggalkan Zina, Lalu Allah Menggantinya DenganKerajaan Dan Wanita yang Halal Allah menyebutkan kisah Yusuf bin Ya’kub u dalamsatu surat lengkap. Di dalamnya terdapat banyak pelajaran dan manfaatyang lebih dari 1000 buah. Nabi yang mulia ini diuji Allah denganujian yang sangat berat, tetapi beliau bersabar. Dan demikian itulahkeadaan orang-orang shalih. Akhirnya, mihnah [ujian] itu berubahmenjadi minhah rabbaniyah [anugerah Tuhan]. Berikut ini kisahnya:

Ibu Yusuf bernama Rahil. Ia memiliki sebelas saudara. Ayahnya sangatmencintai Yusuf . Hal itulah yang kemudian mengakibatkan kedengkiansaudara-saudaranya yang lain. Sebab mereka adalah satu kelompok, satujama’ah. Namun sang ayah begitu cintanya kepada Yusuf dan saudaranyaBunyamin. Apa yang terjadi selanjutnya Mereka meminta kepada sangayah agar Yusuf diperbolehkan pergi bersama mereka. Mereka pura-puramemperlihatkan keinginan agar Yusuf menggembala bersama mereka,padahal mereka menyembunyikan sesuatu daripadanya, yang hanya AllahYang Maha Tahu. Maka mereka pun mengajak Yusuf, lalu merekamelemparkannya ke dalam sumur tua. Kemudian datanglah rombonganmusafir. Mereka menurunkan timba ke dalam sumur dan Yusuf punmenggayut padanya. Yusuf lalu dijual kepada seorang raja di Mesir. Iadibeli hanya dengan beberapa dirham.[[1]] Lalu apa yang terjadiselanjutnya

Allah berfirman:

“Dan wanita [Zulaikha] yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusufuntuk menundukkan dirinya [kepadanya] dan dia menutup pintu-pintu,seraya berkata, ‘Marilah ke sini’. Yusuf berkata, ‘Aku berlindungkepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik’.Sesungguhnya orang-orang yang zhalim tiada akan beruntung.Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud [melakukan perbuatan itu]dengan Yusuf, dan Yusuf pun bermaksud [melakukan pula] dengan wanitaitu andaikata dia tidak melihat tanda [dari] Tuhannya. Demikianlah,agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian.Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.” [Yusuf:23-24].

Allah menyebutkan godaan isteri raja tersebut kepada Yusuf u sertapermintaannya kepada Yusuf sesuatu yang tidak pantas dengan posisi dankedudukannya. Yakni wanita itu berada di puncak kecantikan, kejelitaan,kedudukan dan masih amat muda. Ia lalu menutup semua pintu untuk hanyaberdua. Ia telah siap untuk menyerahkan dirinya dengan mengenakanpakaian kebesaran yang sangat indah. Padahal ia adalah seorang isteriraja. Sedangkan Yusuf u kala itu adalah seorang pemuda tampan dan elok,sedang berada di masa pubertas, masih perjaka dan tidak ada yang bisamenggantikannya. Ia jauh dari keluarga dan kampung halamannya.

Sedangkan orang yang tinggal di tengah-tengah keluarga dan sahabatnyatentu akan malu jika diketahui perbuatan kejinya, sehingga akanjatuhlah kehormatannya dalam pandangan mereka. Tetapi, jika ia beradadi negeri asing, maka kendala itu sirna. Apalagi ia dalam posisidiminta, maka menjadi hilanglah kendala lelaki yang biasanyamenawarkan diri, hilang pula rasa takutnya untuk tidak bersambut. Danwanita itu berada dalam kekuasaan dan rumah pribadinya, sehingga iatahu persis kapan waktu yang tepat, dan di tempat mana sehingga takada yang bisa melihat.

Namun, betapapun kesempatan yang ada, Yusuf justru menjaga diri dariyang diharamkan, Allah menjaganya dari berbuat keji karena dia adalahketurunan para nabi. Allah menjaganya dari tipu daya para wanita. DanAllah pun menggantinya dengan kekuasaan di muka bumi, di mana sajayang ia kehendaki. Allah memberinya kerajaan. Lalu, kepadanya datangwanita yang sebelumnya dengan merendahkan diri, meminta dan mengibaagar dinikahinya secara halal, maka Yusuf pun menikahinya. Ketikamalam pertama, Yusuf berkata kepadanya, ‘Ini sungguh lebih baikdaripada apa yang dulu engkau inginkan.’

Wahai umat Islam, renungkanlah! Betapa setelah ia meninggalkan yangharam, Allah lalu menggantinya dengan sesuatu yang lebih baikdaripadanya. Karena itu, Yusuf adalah penghulu dari tujuh [golongan]para penghulu yang bertakwa dan amat mulia. Sebagaimana disebutkandalam Shahihain dari penutup para nabi, dari Tuhan segenap langit danbumi:

Artikel Meninggalkan Zina, Lalu Allah Menggantinya DenganKerajaan Dan Wanita yang Halal diambil dari http://www.asofwah.or.id
Meninggalkan Zina, Lalu Allah Menggantinya DenganKerajaan Dan Wanita yang Halal.

Tidak ada komentar: