Senin, 02 Juni 2008

Hukum Membawa Kitab al-Hishn al-Hashin dan Hirz al-Jausyan

Kumpulan Artikel Islami

Hukum Membawa Kitab al-Hishn al-Hashin dan Hirz al-Jausyan Dalam kaitannya dengan ruqyah dan tamimah, jikaberupa al-Qur'an, apa hukumnya Apa hukumnya seandainya aku mem-bawakitab al-Hishn al-Hashin atau kitab Hirz al-Jausyan atau as-Sab'ulUqud as-Sulaimaniyyah Apakah benar apa yang disebutkan mengenaikitab-kitab tersebut, bahwa kitab-kitab tersebut bermanfaat untukmenolak 'ain dan kedengkian hingga seterusnya. Mereka mengatakan bahwakitab-kitab tersebut berisikan ayat-ayat al-Qur'an saja seperti al-Mu'awwidzatdan ayat Kursi; lalu apakah membacanya saja bermanfaat tanpa membawakitab-kitab tersebut?

>> Jawaban :

Boleh ruqyah dengan al-Qur'an, dzikir-dzikir, dan segala sesuatu yangtidak mengandung kesyirikan serta bukan doa-doa yang dilarang.

Adapun menjadikan kitab al-Hishn al-Hashin, Hirz al-Jausyan dan as-Sab'ul'Uqud as-Sulaimaniyyah sebagai jimat itu tidak boleh.

Sedangkan membaca ayat Kursi ketika hendak tidur maka itu berguna, danmembaca Qul Huwallahu Ahad serta al-Mu'aw-widzatain juga bermanfaat.

Kepada Allah-lah kita mengharapkan taufikNya. Semoga shalawat dansalam senantiasa Allah limpah atas Nabi kita Muhammad, keluarganya danpara sahabatnya.

Al-Lajnah ad-Da'imah, Fatawa al-'Ilaj bil Qur'an was Sunnah -ar-Ruqa wama yata`allaqu biha, hal. 94

Artikel Hukum Membawa Kitab al-Hishn al-Hashin dan Hirz al-Jausyan diambil dari http://www.asofwah.or.id
Hukum Membawa Kitab al-Hishn al-Hashin dan Hirz al-Jausyan.

Tidak ada komentar: