Sabtu, 17 Mei 2008

Tinggalkan Sifat Dengki Meraih Surga

Kumpulan Artikel Islami

Tinggalkan Sifat Dengki Meraih Surga Diriwayatkan dari Anas bin Malik, dia berkata:Saat kami sedang duduk-duduk bersama Rasulullah shallallahu 'alaihiwa sallam , beliau bersabda, 'Akan datang kepada kalian sekarang iniseorang laki-laki penghuni Surga'. Tiba-tiba ada seorang laki-lakidari kaum Anshar yang datang sementara bekas air wudhu masih mengalirdi jenggotnya, sedang tangan kirinya memegang terompah. Keesokanharinya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan sepertiperkataannya yang kemarin.

Lalu muncullah laki-laki itu lagi persis seperti kedatangannya perta-makali. Di hari ketiga Rasululllah shallallahu 'alaihi wa sallammengatakannya lagi dan datanglah laki-laki itu lagi sepertikedatangannya pertama kali. Setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam beranjak, Abdullah bin Amr bin Ash membuntuti laki-laki tadisampai ke rumahnya. Lalu Abdullah berkata, 'Aku telah bertengkardengan ayahku, kemudian aku bersumpah untuk tidak mendatanginya selamatiga hari. Bila kau setuju, aku mau tinggal bersamamu sampai tiga hari.'Dia menjawab, 'Ya, boleh.'

Anas berkata: Abdullah menceritakan bahwa dia telah menginap ditempat laki-laki itu selama tiga hari. Dia lihat orang itu sama sekalitidak bangun malam [tahajjud]. Hanya saja, setiap kali dia terjaga danmenggeliat di atas ranjangnya, dia selalu membaca dzikir dan takbirsampai dia bangun untuk melaksanakan shalat subuh. Selain itu -kataAbdullah-, 'aku tidak pernah mendengarnya berbicara kecuali yangbaik-baik.

Setelah tiga malam berlalu dan hampir saja aku menyepelekan amalnya,aku terusik untuk bertanya, 'Wahai hamba Allah, sesungguhnya tidakpernah terjadi pertengkaran dan tak saling menyapa antara aku denganayahku, aku hanya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallamberkata tentang dirimu tiga kali, bahwa akan datang kepada kaliansekarang ini seorang laki-laki penghuni Surga dan sebanyak tiga kaliitu kaulah yang datang.

Maka aku pun ingin bersamamu agar aku bisa melihat apakah amalanmu itudan nanti akan aku tiru. Tetapi ternyata kau tidak terlalu banyakberamal. Apakah sebenarnya yang membuatmu bisa mencapai apa yangdisabdakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam'. Maka diamenjawab, 'Aku tidak mempunyai amalan kecuali yang telah kau lihatsendiri'. Ketika aku hendak berpaling pergi, dia memanggilku, laluberkata, 'Benar amalanku hanya yang kau lihat sendiri, hanya saja akutidak mendapatkan pada diriku sifat curang terhadap seorang pun darikaum muslimin. Aku juga tidak iri pada seseorang atas karunia yangtelah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepadanya'. MakaAbdullah bin Amr berkata, 'Inilah amalan yang telah menyampaikanmupada derajat tinggi dan inilah yang berat untuk kami lakukan.'

Artikel Tinggalkan Sifat Dengki Meraih Surga diambil dari http://www.asofwah.or.id
Tinggalkan Sifat Dengki Meraih Surga.

Tidak ada komentar: