Sabtu, 05 Juli 2008

Menggauli Istri Di Saat Nifas Karena Tidak Tahu

Kumpulan Artikel Islami

Menggauli Istri Di Saat Nifas Karena Tidak Tahu

>> Pertanyaan :

Lajnah Daimah ditanya tentang seseorang yang menggauli istri di waktunifas, setelah dua puluh hari dari masa kelahiran dan pernah mendengarketerangan di salah satu masjid bahwa jika wanita telah terhenti darahnifas sebelum habis masa nifas, maka wanita tersebut harus segeramandi dan shalat, yang menjadi pertanyaan apa yang harus dilakukanjika menggauli istri sebelum habis masa nifas?

>> Jawaban :

Kebanyakan para ulama berpendapat bahwa masa nifas maksimal empatpuluh hari. Berdasarkan Hadits yang diriwayatkan Abu Daud dan At-Tirmidzidari Umi Salamah bahwa dia berkata: Wanita-wanita mengalami nifas dizaman Rasulullah lamanya empat puluh malam. Dan dari Ad-Daruquthnibahwa Umi Salamah bertanya kepada Nabi tentang berapa lama wanitanifas harus duduk [menunggu suci] setelah masa ke-lahiran. Beliaumenjawab: Empat puluh hari kecuali apabila telah suci sebelum itu.Abu Isa At-Tirmidzi berkata: Ulama sepakat bahwa wanita nifas me-nungguselama empat puluh hari kecuali telah melihat suci sebelum itu, makaia harus mandi dan shalat. Barangsiapa yang menggauli istrinya disaat darah nifas masih turun sama halnya menggaulinya di saat haid.Dan ia wajib bertaubat kepada Allah serta membayar kafarat sebesarsatu atau setengah dinar, berdasarkan hadits yang diriwayatkan ImamAhmad dan yang lainnya dari Ibnu Abbas x bahwa Rasulullah bersabda: [[

:]] Barangsiapa yang menggauli istrinya di saat haid,maka harus berse-dekah sebesar satu atau setengah dinar. Apabila satudinar senilai empat puluh riyal Saudi, maka ia harus menge-luarkanempat puluh atau dua puluh riyal. Disedekahkan kepada fakir miskin,jika ia menggauli istrinya pada masa nifas yang darahnya sudahterhenti dan sesudah mandi, maka hal tersebut dibolehkan meskipunbelum sempurna empat puluh hari.

Artikel Menggauli Istri Di Saat Nifas Karena Tidak Tahu diambil dari http://www.asofwah.or.id
Menggauli Istri Di Saat Nifas Karena Tidak Tahu.

Tidak ada komentar: