Selasa, 24 Juni 2008

Kondisinya Persis Seperti Yang Didoakan Terhadapnya

Kumpulan Artikel Islami

Kondisinya Persis Seperti Yang Didoakan Terhadapnya Pada masa pemerintahan Bani Umayyah, Sa'id bin Zaid-salah seorang dari sepuluh orang yang diberitakan Rasulullah masuksurga- mengalami suatu kejadian yang membuat penduduk Yatsrib [Madinah]sejak dulu hingga kini masih memperbincangkan dan mengenangnya.

Yaitu kisah Arwa binti Uwais yang mengklaim bahwa Sa'id bin Zaid telahmencaplok sebagian dari tanahnya. Ia lantas menyebar-nyebarkan beritakepada setiap orang. Tak berapa lama, perkaranya sampai kepada Marwanbin al-Hakam, penguasa Madinah kala itu. lalu Marwan mengirim utusanagar mengatakan tentang hal itu kepada Sa'id. Maka, terbebanilahpikiran shahabat Rasulullah ini sembari berkata, Mereka mengira akulah yang menzhaliminya! Padahal aku telah mendengarRasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam bersabda [artinya],

'Barangsiapa mencaplok sebidang tanah secara zhalim, maka dia akandihimpit [dikalungkan] dari tujuh lapis bumi pada hari Kiamat.' [HR.Muslim]

Ya Allah, sesungguhnya dia mengklaim bahwa aku telah menzhaliminya.Jika dia berdusta, maka butakanlah penglihatannya dan lemparkanlah disumur yang dipermasalahkannya terhadapku serta tampakkanlah cahayapada tanah yang menjadi hakku sehingga menjelaskan kepada kaumMuslimin bahwa aku tidak pernah menzhaliminya.

Maka tidak berapa dari itu, meluaplah lembah 'Aqîq yang belum pernahterjadi seperti itu sebelumnya, lalu tersingkaplah batas tanah yangdiperselisihkan keduanya dan tampak pulalah bagi kaum Muslimin bahwaSa'id berada di pihak yang benar.

Dan tak berapa dari itu pula, lebih kurang sebulan kemudian, Arwabenar-benar menjadi buta. Kemudian tatkala dia sedang berkeliling ditanah yang diperselisihkannya itu, tiba-tiba dia terjatuh di sumurnyatersebut.

'Abdullah bin 'Umar berkata, Ketika kami masih kecil, kami seringmendengar seseorang berkata kepada yang lainnya, 'Semoga Allahmembutakanmu sebagaimana Dia membutakan Arwa'.

Tentunya kejadian seperti itu tidaklah aneh, sebab RasulullahShallallâhu 'alaihi Wa Sallam bersabda [artinya],Takutlah doa orang yang teraniaya/dizhalimi, karena sesungguhnyaantara doa tersebut dan Allah tidak terdapat penghalang. [HR.Muslim]

Nah, apa lagi bila yang dizhalimi itu Sa'id bin Zaid, salah seorangdari sepuluh orang yang sudah dijamin masuk surga, apa jadinya.

[SUMBER: Kitab Nihâyah azh-Zhâlimîn, karya Ibrahim bin 'Abdullahal-Hâzimiy, Juz.I, h.20-22]

Artikel Kondisinya Persis Seperti Yang Didoakan Terhadapnya diambil dari http://www.asofwah.or.id
Kondisinya Persis Seperti Yang Didoakan Terhadapnya.

Tidak ada komentar: