Jumat, 09 Mei 2008

Perniagaan Yang Menguntungkan

Kumpulan Artikel Islami

Perniagaan Yang Menguntungkan Kita tahu bahwa para sahabat Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam adalah orang-orang yang telah membela dan banyakberkorban demi agama Islam yang agung ini. Mereka adalah sebaik-baikpenolong untuk agama ini. Mereka juga sebaik-baik pejuang di jalannya.Hal ini terjadi pada mereka, karena mereka menjadikan ajaran Islamsebagai sebuah realita dalam perilaku mereka dan sebagai sesuatu yangbegitu terasa berada dalam hati mereka. Hingga hal itu menjadi tabiatmereka dengan seikhlas-ikhlasnya dan berani membela agama ini walaupunharus membayar dengan harga yang mahal.

Islam mengajak mereka untuk hijrah. Dengan cepat mereka menyambutseruan itu; meninggalkan Makkah walau hati mereka penuh kerinduankepadanya dan jiwa mereka dihiasi dengan kecintaan padanya. Merekalebih mengutamakan aqidah dibanding tempat-tempat main mereka saatmasih kanak-kanak, tempat yang penuh dengan kenangan indah.

Islam mengajak mereka untuk berjihad. Ternyata me-reka adalahprajurit-prajurit tangguh yang tidak dihinggapi rasa takut. Merekaberhijrah karena Allah dan karena RasulNya, dan mereka berhasilmemberikan tauladan baik yang monumental dan indah dalam pengorbanandan keimanan mereka yang sejati. Simaklah kisah berikut ini.

Ketika Shuhaib pergi menyusul Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam untukberhijrah, ada beberapa orang Quraisy yang membuntutinya. Merekaberkata pada Shuhaib: Dulu kau datang pada kami dalam keadaan tidakpunya apa-apa, kemudian kau hidup bersama kami dan mendapat-kan hartayang banyak dan kau menjadi orang seperti sekarang ini. Tahu-tahu kauingin keluar dengan membawa semua hartamu Demi Allah, hal itu tidakakan pernah terjadi .

Lalu Shuhaib turun dari tunggangannya, dikeluarkannya anak panah daritempatnya, seraya berkata: Wahai kaum Quraisy, kalian sudah tahubahwa aku termasuk orang paling pandai memanah di antara kalian. DemiAllah, kalian tidak akan menyentuhku kecuali akan aku bidik dengansemua anak panahku, kemudian aku akan menebas dengan pedangku iniselama dia berada di tanganku. Ayo lakukan apa yang kalian inginkan! Akan tetapi Shuhaib setelah itu berkata: Bagaimana bila akutinggalkan semua hartaku untuk kalian, apakah kalian akan membiarkanaku pergi Mereka menjawab: Ya. Maka Shuhaib meninggal-kan semuahartanya untuk mereka. Dan ketika sampai ke hadapan Rasulullahshallallahu 'alaihi wa sallam di Madi-nah, beliau bersabda: Telahberuntung perniagaanmu hai Abu Yahya. Telah beruntung perniagaanmu haiAbu Yah-ya. Dan turunlah firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:Dan di antara manusia itu ada seseorang yang mengor-bankan dirinyakarena mencari keridhaan Allah. [Al-Baqarah: 207].

Artikel Perniagaan Yang Menguntungkan diambil dari http://www.asofwah.or.id
Perniagaan Yang Menguntungkan.

Tidak ada komentar: