Kumpulan Artikel Islami
Iman Kepada Hari Akhir Mengandung Tiga Unsur Iman Kepada Hari Akhir Mengandung Tiga Unsur
Kategori Syarhu Ushulil Iman
Senin, 9 Mei 2005 06:05:28 WIBIMAN KEPADA HARI AKHIROlehSyaikh Muhammad bin Shalih Al-UtsaiminBagian Pertama Dari Tiga Tulisan 1/3Hari akhir adalah hari Kiamat, di mana seluruh manusia dibangkitkan pada hari itu untuk dihisab da dibalas. Hari itu disebut hari Akhir, karena tidak ada hari lagi setelahnya. Pada hari itulah penghuni Surga dan penghuni Neraka masing-masing menetap di tempatnya.Iman kepada hari Akhir mengandung tiga unsur.[1]. Mengimani ba’ts [kebangkitan], yaitu menghidupkan kembali orang-orang yang sudah mati ketika tiupan sangkakala yang kedua kali. Pada waktu itu semua manusia bangkit untuk menghadap Rabb alam semesta dengan tidak beralas kaki, bertelanjang, dan tidak disunat.Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.â€Å"Artinya : Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati. Sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya†[Al-Anbiyaa : 104]Kebangkitan adalah kebenaran yang pasti, ditunjukkan oleh Al-Kitab, Sunnah dan ijma’ umat Islam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.â€Å"Artinya : Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan [dari kuburmu] di hari Kiamat†[Al-Mu’minun : 15-16]Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda.â€Å"Artinya : Di hari Kiamat seluruh manusia akan dihimpun dengan keadaan tidak beralas kaki dan tidak disunat†[Hadits Riwayat Bukhari-Muslim]Umat Islam sepakat akan adanya hari Kebangkitan karena hal itu sesuai dengan hikmah Allah yang mengembalikan ciptaanNya untuk diberi balasan terhadap segala yang telah diperintahkanNya melalui lisan para rasulNya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.â€Å"Artinya : Maka apakah kamu mengira bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kami secara main-main [saja], dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami †[Al-Mu’minun : 115]Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallamâ€Å"Artinya :Sesungguhnya yang mewajibkan atasmu [melaksanakan hukum-hukum] Al-Qur’an benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali†[Al-Qashash : 85][2]. Mengimani hisab [perhitungan] dan jaza’ [pembalasan] dengan meyakini bahwa seluruh perbuatan manusia akan dihisab dan dibalas. Hal ini dipaparkan dengan jelas di dalam Al-Qur’an, Sunnah dan ijma [kesepakatan] umat Islam.Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirmanâ€Å"Artinya : Sesungguhnya kepada Kamilah kembali mereka, kemudian sesungguhnya kewajiban Kamilah menghisab mereka†[Al-Ghasyiyah : 25-26]â€Å"Artinya : Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya [pahala] sepuluh kali lipat amalnya ; dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi balasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya [dirugikan]†[Al-An’am : 160]â€Å"Artinya : Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika [amalan itu] hanya seberat biji sawi pun pasti Kami mendatangkan [pahalanya]. Dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan†[Al-Anbiyaa : 47]Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu diriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.â€Å"Artinya : Allan nanti akan mendekatkan orang mukmin, lalu meletakkan tutup dan menutupnya. Allah bertanya : â€Å"Apakah kamu tahu dosamu itu †Ia menjawab, â€Å"Ya Rabbkuâ€Â. Ketika ia sudah mengakui dosa-dosanya dan melihat dirinya telah binasa, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, â€Å"Aku telah menutupi dosa-dosamu di dunia dan sekarang Aku mengampuninyaâ€Â. Kemudian diberikan kepada orang mukmin itu buku amal baiknya. Adapun orang-orang Kafir dan orang-orang munafik, Allah Subhanahu wa Ta’ala memanggilnya di hadapan orang banyak. Mereka orang-orang yang mendustakan Rabbnya. Ketahuilah, laknat Allah itu untuk orang-orang yang zhalim†[Hadits Riwayat Bukhari Muslim]Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.â€Å"Artinya : Sesungguhnya yang berniat melakukan satu kebaikan lalu mengamalkannya, maka ditulis baginya sepuluh kebaikan, sampai tujuh ratus kali lipat, bahkan sampai beberapa lipat lagi. Barangsiapa berniat melakukan satu kejahatan, lalu mengamalkannya, maka Allah menulisnya satu kejahatan sajaâ€ÂUmat Islam telah sepakat tentang adanya hisab dan pembalasan amal karena itu sesuai dengan kebijaksanaan Allah. Sebagaimana kita ketahui, Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menurunkan kitab-kitab, mengutus para rasul serta mewajibkan kepada manusia untuk menerima ajaran yang dibawa oleh rasul-rasul Allah itu dan mengerjakan segala yang diwajibkannya. Dan Allah telah mewajibkan agar berperang melawan orang-orang yang menentangNya serta menghalalkan darah, keturunan, isteri dan harta benda mereka. Kalau tidak ada hisab dan balasan tentu hal ini hanya sia-sia belaka, dan Rabb Yang Mahabijaksana, Mahasuci darinya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengisyaratkan hal itu dalam firmanNya.â€Å"Artinya : Maka sesungguhnya Kami akan menanyai umat-umat yang telah diutus rasul-rasul kepada mereka dan sesungguhnya Kami akan menanyai [pula] rasul-rasul [Kami], maka sesungguhnya akan Kami kabarkan kepada mereka [apa-apa yang telah mereka perbuat], sedang [Kami] mengetahui [keadaan mereka], dan Kami sekali-kali tidak jauh [dari mereka]†[Al-A’raaf : 6-7][3]. Mengimani Surga dan Neraka sebagai tempat manusia yang abadi. Surga tempat kenikmatan yang disediakan Allah untuk orang-orang mukmin yang bertaqwa, yang mengimani apa-apa yang harus diimani, yang taat kepada Allah dan rasulNya, dan kepada orang-orang yang ikhlas.Di dalam Surga terdapat berbagai kenikmatan yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga, serta tidak terlintas dalam benak manusia.â€Å"Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Rabb mereka ialah surga ‘And yang mengalir dibawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka, dan mereka pun ridha kepadaNya. Yang demikian itu adalah [balasan] bagi orang yang takut kepada Rabbnya†[Al-Bayyinnah : 7-8]â€Å"Artinya : Tidak seorangpun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu [bermacam-macam nikmat] yang menyenangkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan†[As-Sajdah : 17]Neraka adalah tempat adzab yang disediakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk orang-orang kafir, yang berbuat zhalim, serta bagi yang mengingkari Allah dan RasulNya. Di dalam Neraka terdapat berbagai adzab dan sesuatu yang menakutkan, yang tidak pernah terlintas dalam hati.â€Å"Artinya : Dan peliharalah dirimu dari api Neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir†[Al-Imran : 131]â€Å"Artinya : …. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang yang zhalim itu Neraka yang gejolaknya mengepung mereka. Jika mereka meminta minum, maka mereka akan diberi minuman dengan air seperti besi yang mendidih yang dapat menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek†[Al-Kahfi : 29]â€Å"Artinya : Sesungguhnya Allah melaknati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala [Neraka]. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Mereka tidak memperoleh seorang pelindung pun dan tidak [pula] seorang penolong. Pada hari ketika muka mereka dibolak-balikkan dalam Nereka, mereka berkata ; â€Å"Alangkah baiknya, andaikata kami taat kepada Allah dan taat [pula] kepada Rasul†[Al-Ahzab : 64-66][Ditulis ulang dari Syarhu Ushulil Iman, Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Edisi Indonesia: Prinsip-Prinsip Dasar Keimanan. Penerjemah: Ali Makhtum Assalamy. Penerbit: KSA Foreigners Guidance Center In Gassim Zone]
Sumber : http://almanhaj.or.id/index.phpaction=more&article_id=1426&bagian=0
Artikel Iman Kepada Hari Akhir Mengandung Tiga Unsur diambil dari http://www.asofwah.or.id
Iman Kepada Hari Akhir Mengandung Tiga Unsur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar