Minggu, 18 Mei 2008

Hak Isteri Atas Suami

Kumpulan Artikel Islami

Hak Isteri Atas Suami Allah berfirman : Dan bergaullah dengan mereka [Istri-istrimu ] secara patut. Kemudian jika kamu tidak menyukai mereka,[maka bersabarlah] karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahalAllah menjadikan padanya kebaikan yang banyak. [QS. 4:19]

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : Ya Allahsungguh saya menimpakan kesusahan [ dosa ] kepada orang yangmenyia-nyiakan hak dua macam manusia yang lemah yaitu : anak yatimdan wanita ] HR. Nasa'i.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : berbuatbaiklah kepada kaum wanita, karena dia diciptakan dari tulang rusuk,dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalahbagian yang paling atas, kalau kamu meluruskannya maka kamu telahmematahkannya.. Muttafaq 'alaihi.

Dari Hakim bin Mu'awiyah dari bapaknya bahwa bapaknya berkata :wahai Rasulullah ! apakah hak seorang istri yang harus dipenuhi olehsuaminya maka beliau shallallahu 'alaihi wasallam menjawab : kamumemberi makan kepadanya jika kamu makan, dan kamu memberinya pakaianjika kamu berpakaian dan engakau tidak memukul mukanya, tidakmenjelek-jelekkannya [ tidak berkata : semoga Allah memburukkanwajahmu ] dan tidak meninggalkannya kecuali dalam rumah. HRm AbuDaud.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : [ janganlahseorang mu'min membenci wanita mu'minah, karena jika ia membencisuatu sifatnya, maka dia akan ridha yang lainnya darinya. ] HR.Muslim.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : orang mu'minyang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaqnya danorang-orang terbaik di antara kamu adalah yang terbaik kepadaistri-istrinya. HR. Tirmidzi.

Dari 'Amr bin Ahwash radhiyallahu 'anhu bahwa dia mendengarRasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda pada waktu hajjiwada' : ingatlah [ saya berwasiat kepada kamu agar berbuat baik padakaum wanita, maka terimalah wasiatku ini terhadap mereka ] danberbuat baiklah kepada kaum wanita, karena sesungguhnya mereka padasisi kalian bagaikan tawanan, dan kamu tidak memiliki dari merekaselain itu. HR. Tirmidzi.

Keterangan singkat :

Sebagaimana kaum lelaki mempunyai hak atas istri-istri mereka,demikian pula kaum wanita mempunyai hak atas suami-suami mereka, dantidak akan berlanjut kehidupan suami istri di atas keadilan yangdiperintahkan oleh Allah kecuali jika setiap suami dan istri memenuhihak-hak di antara mereka.

Kesimpulan :

Istri mempunyai hak yang harus dipenuhi oleh suaminya.

Wajib berbuat baik kepada kaum wanita.

Bimbingan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam agar selalubersabar terhadap wanita dan berlemah-lembut kepadanya.

Bahwa wanita pada suaminya bagaikan tawanan yang lemah, olehkarenanya dia harus dikasihani, dibimbing, dilindungi dan diberikanhak-haknya.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membebankan dosa kepadamereka yang menyia-nyiakan hak wanita yang berada di bawahtanggungannya.

Bahwa orang yang terbaik di antara kita adalah mereka yangterbaik bagi istri-istrinya.

Artikel Hak Isteri Atas Suami diambil dari http://www.asofwah.or.id
Hak Isteri Atas Suami.

Tidak ada komentar: