Kamis, 26 Juni 2008

Syaikh Bin Baz

Kumpulan Artikel Islami

Syaikh Bin Baz Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Abdurrahman binMuhammad bin Abdullah bin Baaz rahimahullah dilahirkan di kota Riyadhpada tanggal 12 Dzul Hijjah tahun 1330 H, dari keluarga yang sebagianbesar kaum lelakinya bergelut dalam dunia keilmuan.

Pada mulanya beliau bisa melihat, kemudian pada tahun 1336 H, keduamatanya menderita sakit, dan mulai melemah hingga akhirnya pada bulanMuharram tahun 1350 kedua matanya mulai buta.

Pendidikannya lebih banyak tertuju pada pelajaran Al-Qur'an dan HaditsRasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau tumbuh dalampeliharaan salah seorang keluarganya. Al-Qur'an merupakan pelita yangmenerangi hidupnya, sehingga umurnya dipergunakan untuk menimba ilmuAl-Qur'an, dan beliau hafal Al-Qur'an secara menyeluruh ketikabeliaumasih kecil,belum mencapai usia baligh.

Beliau belajar ilmu-ilmu syar'i dari para ulama besar di Riyadh,seperti Syaikh Sa'd binb athiq dan Syaikh Hamd bin Faris dan SyaikhSa'd bin Waqqash Al-Bukhari dan Syaikh Muhammad bin Ibrahim Ali Syaikh-semoga Allah merahmati mereka-, beliau terus menimba ilmu hinggamulai terpandang di kalangan para ulama.

Beliau pernah menjadi Qadhi mulai bulan Jumadats Tsaniah tahun 1357hingga tahun 1371.

Selanjutnya pada tahun 1372 beliau mengajar di Ma'had Ilmi di Riyadhselama setahun kemudian pindah ke Fakultas Syariat Di Riyadh mengajarIlmu Fiqih, Tauhid dan Hadits selama tujuh tahun, semenjakdidirikannya fakultas ini hingga tahun 1380.

Pada tahun 1381 beliau ditunjuk menjadi wakil rektor Jamiah Islamiyahdi Madinah Al Munawwarah, dan menempati posisinya tersebut hinggatahun 1390. Selanjutnya pada mulai tahun itu hingga tahun 1395 beliaumenjadi rektor Jami'ah Islamiyah.

Pada tanggal 14/10/1395 terbit keputusan kerajaan yang menunjuk SyaikhAbdul Aziz bin Abdullah bin Baaz rahimahullah sebagai mufti besar [Semacamketua MUI] untuk negara Saudi Arabia dan sebagai ketua ikatan paraulama serta ketua idarah buhuts ilmiyah wal ifta' yang setingkatdengan kedudukan mentri, hingga beliau meninggal.

Beliau juga banyak berkecimpung di berbagai lembaga dan majlis ilmiahislamiyah, di antaranya sebagai ketua ikatan para ulama, ketua majlispendiri rabithah 'alam islamy, ketua lembaga internasional yangmengurusi masjid dan ketua mujamma' fiqhy islamy di Mekkah AlMukarramah. Beliau juga sebagai anggota lembaga tinggi Jami'ahIslamiyah di Madinah Al Munawwarah, anggota lembaga tinggi dakwahIslam, anggota majlis syuro untuk WAMY [Ikatan Pemuda IslamInternasional] dan beberapa keanggotaan yang lain.

Beliau juga beberapa kali mengetuai berbagai mu'tamar internasionalyang diadakan di negra Saudi Arabia, yang merupakan sarana bagi beliauuntuk saling tukar pendapat dan fikiran dengan beberapa ulama, da'idan pemikir lainnya dari berbagai belahan dunia.

Meski beliau disibukkan dengan berbagai kegiatan tersebut, beliautidak lupa tugas utamanya sebagai seorang alim dan da'i. Beliau telahmenulis berbagai karangan dan buku-buku, di antaranya: Al Fawa'id AlJaliyyah fil Mabahits Al Fardhiyyah, At Tahqiq wal Idhah likatsir minmasailil Hajj wal Umrah waz Ziyarah, At Tahdzir minal Bida', ArRisalatanil Mujazatani fiz Zakat wash Shiyam, Al Akidatul Mujazah,Wujubul Amal Bisunnatir Rasul, Ad Da'wah Ilal-llaah, Shifatud Da'iyah,Wujubu Tahkimi Syar'illaahi. Hukmus Sufur Wal Hijab, Nikahus Syighar,Tsalatsu Rasail Fish Shalat, Hukmul Islam Fiiman Tha'ana fil Qur'an AwFii Rasulillah, Hasyiyah Mufidah Ala Fathil Bari, Iqamatul Barahin alaHukmi Manista'ana Bighairillaah Aw Shaddaqal Kuhhan wal Arrafin, AlJihad fii Sabilillah, Wujubu Luzumis Sunnah Wal Hadzru Minal Bid'ah,dan berbagaimacam fatwa-fatwa dan tulisan-tulisan lainnya.

Beliau juga mempunyai berbagai kegiatan dakwah dan kepedualianterhadap berbagai urusan orang-orang muslimin, di antaranya sumbanganbeliau kepada berbagai yayasan-yayasan Islam dan lembaga-lembaga Islamlainnya yang ada di berbagai belahan dunia. Beliau juga sangat pedulidengan permasalahan tauhid dan berbagai kerancuan yang terjadi padamasyarakat muslim. Lebih khusus lagi, beliau sangat memperhatikanmengenai pangajaran hafalan Al-Qur'an dan senantiasa menganjurkankepada berbagai lembaga untuk mengadakan program tahfidz A-Qur'an.

Beliau telah banyak memberikan berbagai pelajaran dan muhadharahIslamiyah untuk menanamkan pemahaman Islam yang benar kepada kaummuslimin. Beliau juga telah menulis berbagai makalah dalam majallah AlBuhuts Al Islamiyah.

Pada tahun 1402 Yayasan Sosial Malik Faishal menganugerahkan trophyInternasional Raja Faishal kepada beliau atas jasa-jasa beliau kepadaIslam.

Artikel Syaikh Bin Baz diambil dari http://www.asofwah.or.id
Syaikh Bin Baz.

Tidak ada komentar: