Kamis, 05 Juni 2008

Cara-cara Jin Mengganggu Manusia dan BagaimanaMelindungi Diri darinya

Kumpulan Artikel Islami

Cara-cara Jin Mengganggu Manusia dan BagaimanaMelindungi Diri darinya

>> Pertanyaan :

Apakah jin dapat memberikan pengaruh kepada manusia, dan bagaimanacara melindungi diri dari mereka?

>> Jawaban :

Tidak diragukan bahwa jin dapat memberikan pengaruh kepada manusiadengan gangguan yang adakalanya bisa mematikan, adakalanya mengganggudengan lemparan batu, dengan menakut-nakuti manusia, dan hal-hallainnya yang disahkan oleh sunnah dan ditunjukkan oleh kenyataan.Diriwayatkan secara sah bahwa Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalammengizinkan seorang sahabatnya untuk pergi kepada keluarganya dalamsuatu peperangan -yang saya kira perang Khandaq-. Ia seorang pemudayang baru saja menikah. Ketika sampai di rumahnya, ternyata istrinyaberada di depan pintu. Ia mengingkari perbuatan istrinya itu, laluberkata kepadanya, Masuklah! Ketika pemuda ini masuk, ternyataseekor ular melingkar di atas tempat tidur. Dengan tombak yang beradadi tangannya, ia menikam ular tersebut dengan tombak tersebut hinggamati. Dalam waktu yang bersamaan -yakni pada saat ular itu mati- makapria ini juga mati. Perawi tidak tahu, mana yang lebih dulu mati: ularatau orang itu. Ketika berita itu sampai kepada Nabi Shalallaahualaihi wasalam, beliau melarang membunuh ular yang berada di rumahkecuali ular yang ganas dan berbisa. Beliau bersabda,

Sesungguhnya di Madinah terdapat para jin yangtelah masuk Islam. Jika kalian melihat sesuatu dari mereka, makaizinkanlah ia selama tiga hari. Jika ia menampakkan diri kepadamusesudah itu, maka bunuhlah. Sebab, sesungguhnya ia adalah setan.

Ini dalil yang menunjukkan bahwa jin itu adakalanya menzhalimi manusiadan menganggu mereka, sebagaimana fenomena membuktikan hal itu.Berita-berita telah mutawatir dan sangat banyak menyebutkan bahwamanusia adakalanya memasuki rumah rumah kosong lalu dilempar denganbatu pada tidak melihat seorang pun di dalam rumah kosong itu.Adakalanya ia men-dengar suara-suara dan adakalanya mendengar desinganlembut seperti suara pohon serta sejenisnya yang membuat ketakutan danterganggu kerenanya.

Demikian pula adakalanya jin merasuki tubuh manusia, baik dengankecintaan, untuk bermaksud mengganggunya maupun sebab-sebab lainnya.Ini diisyaratkan oleh firmanNya,Orang-orang yang makan [mengambil] riba tidak dapat berdiri melainkanseperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran [tekanan]penyakit gila. [Al-Baqarah: 275].

Pada jenis ini adakalanya jin berbicara dari batin manusia itu sendiri,berbicara kepada siapa yang membacakan ayat-ayat al-Qur'an dihadapannya, adakalanya pembaca al-Qur'an mengambil janjinya supayatidak kembali lagi, dan perkara-perkara lainnya yang banyakdiberitakan oleh riwayat-riwayat dan tersebar di tengah-tengah manusia.Atas dasar ini maka benteng yang dapat menghalangi dari kejahatan jinialah seseorang membaca apa yang direkomendasikan oleh Sunnah yangdapat membentengi diri dari mereka, semisal ayat Kursi. Sebab, jikaseseorang membaca ayat Kursi, pada suatu malam, maka ia senantiasamendapat penjagaan dari Allah dan setan tidak mendekatinya hinggaShubuh. Dan, Allah adalah Maha Pemelihara.

Fatawa al-'Ilaj bi al-Quran wa as-Sunnah - ar-Ruqa wamayata'allaqu biha, Syaikh Ibn Baz, Ibn Utsaimin, al-Lajnah ad-Da'imah,hal. 65-66. Dan fatwa ini adalah fatwa Syaikh Muhammad bin Utsaimin

Artikel Cara-cara Jin Mengganggu Manusia dan BagaimanaMelindungi Diri darinya diambil dari http://www.asofwah.or.id
Cara-cara Jin Mengganggu Manusia dan BagaimanaMelindungi Diri darinya.

Tidak ada komentar: