Kamis, 19 Juni 2008

Anda Mempunyai Dua Pilihan

Kumpulan Artikel Islami

Anda Mempunyai Dua Pilihan

>> Pertanyaan :

Syaikh yang mulia, sebagaimana Syaikh ketahui, karena cuaca yangbegitu panas dan harus banyak melakukan jalan kaki, maka sebagianorang ada yang terkena luka bakar pada kedua pahanya. Jika demikian,apakah boleh bagi laki-laki yang terkena hal seperti itu memakaicelana atau yang serupa dengannya untuk melindungi kulit pahanya agarterjaga, sebab kami melihat sendiri adanya sebagian orang yangdarahnya mengucur karena luka bakar terik panas itu dan ia merasakankesakitan. Bagai-mana nasehat dan bimbingan Syaikh?

>> Jawaban :

Dalam kondisi seperti itu, seseorang boleh membalut pahanya dengankain yang diikatkan dari bagian atasnya agar tidak terkena luka bakar[karena panasnya cuaca], dan jika tidak memungkinkan, maka ia bolehmemakai celana, namun ia harus memberikan makan, menurut pendapat yangkuat, kepada enam orang miskin, masing-masing sebanyak setengah sha,atau berpuasa sebanyak 3 hari, atau menyembelih seekor domba danmembagi-bagikan dagingnya kepada kaum fuqara. Sebab Allah telahberfirman,

Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya [laluia bercukur], maka wajiblah atasnya berfidyah, yaitu: ber-puasa ataubersedekah atau berkorban. [Al-Baqarah: 196].

Dalam kondisi seperti ini ia tidak berdosa, karena ia melakukannyabaerdasarkan adanya udzur.

[ Ibnu Utsaimin: al-Liqa as-Syahri, vol. 16, hal. 36. ] [ 06122003 /10101424 ]

Artikel Anda Mempunyai Dua Pilihan diambil dari http://www.asofwah.or.id
Anda Mempunyai Dua Pilihan.

Tidak ada komentar: