Rabu, 28 Mei 2008

Tidak Suka Kepada Anak Perempuan Termasuk PerkaraJahiliyah

Kumpulan Artikel Islami

Tidak Suka Kepada Anak Perempuan Termasuk PerkaraJahiliyah

>> Pertanyaan :

Pada zaman kita sekarang ini kami masih mendengar dari sebagian oranghal-hal yang mengundang debat dan keanehan. Di antaranya adalah adanyasebagian orang yang mengatakan: Kami tidak senang kalau istri kamimelahirkan anak perempuan. Sebagian lagi berkata kepada istrinya:Demi Allah, kalau kamu melahirkan anak perempuan, maka aku akanmenceraikanmu. Sehingga ada sebagian istri yang sangat merasa takutdan gelisah karena khawatir kalau anaknya perempuan. Bagaimana dan apayang akan Syaikh lakukan terhadap apa yang dikatakan oleh suami yangseperti itu. Apakah Syaikh mempunyai bimbingan seputar masalah ini?

>> Jawaban :

Saya yakin apa yang dikatakan oleh saudara tadi sangat jarang sekali,dan saya tidak yakin kalau kedunguan dan kebodohan seseorang sampaisebatas itu, mengancam istri akan menceraikannya apabila mela-hirkananak perempuan. Lain halnya kalau suami telah bosan terhadap istri daningin menceraikannya, kemudian hal itu ia jadikan sebagai alasan untukmenceraikannya. Jika memang demikian adanya dan ia telah kehilangankesabaran untuk tetap tinggal bersama istrinya, bahkan ia telahberusaha untuk bisa tetap dengan istri, namun tidak bisa, makasilahkan saja ia menceraikannya dengan baik, bukan dengan caramengancam. Sebab talak itu boleh di saat sudah dibutuhkan. Sekalipundemikian, kami tetap menasehatkan kepada setiap suami yang mendapatsesuatu yang tidak disukai pada istrinya agar bersabarlah, sebagaimanafirman Allah Subhannahu wa Ta'ala,Kemudian jika kamu tidak menyukaimereka, [maka bersabarlah] karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu,padahal Allah men-jadikan padanya kebaikan yang banyak. [An-Nisa:19].

Adapun masalah tidak suka kepada anak perempuan, maka tidak syak lagimerupakan perkara jahiliyah dan pertanda ada rasa benci terhadapketetapan dan taqdir dari Allah. Manusia itu tidak tahu, barang kalianak perempuan itu lebih baik baginya daripada anak laki-laki yangbanyak. Berapa banyak anak perempuan itu menjadi berkah bagi ayahnyadi waktu ia hidup dan sepeninggalnya. Dan Berapa banyak sudah anaklaki-laki yang menjadi bencana dan malapetaka terhadap ayahnya diwaktu ia masih hidup dan tidak berguna sepeninggalaya.

[ Kitab al-Dawah [5] oleh Ibnu Utsaimin: jilid 2 hal. 152-153. ]

Artikel Tidak Suka Kepada Anak Perempuan Termasuk PerkaraJahiliyah diambil dari http://www.asofwah.or.id
Tidak Suka Kepada Anak Perempuan Termasuk PerkaraJahiliyah.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mnvkgdsh ,ndg,lidj kfngkfglfjgxn f x.kfjnjf dlxjnlfk hglfdnlfjglkfd g lfjgnlkb .fdljglfkg;flkgn .d,fmg.fkglsf f.gfngilfjuif .,mfg.hjdlkgjh dfkn.,h;doru ,fdnh.,f

maen dong ke blog gw