Rabu, 18 Juni 2008

Syaikh Hamud Bin Abdullah at-Tuwaijiri (Salah SeorangImam Dakwah Salafiyah Abad Ini)

Kumpulan Artikel Islami

Syaikh Hamud Bin Abdullah at-Tuwaijiri (Salah SeorangImam Dakwah Salafiyah Abad Ini) Nama dan Nasabnya

Beliau adalah Syaikh al-‘Allamah al-Muhaddits al-Faqih Hamud binAbdullah bin Abdurrahman at-Tuwaijiri, dari Alu Jabbarah, pecahan darikabilah ‘Anazah Arabiyah yang masyhur.

Kelahirannya

Beliau rahimallah dilahirkan pada tahun 1334 H di kota Majma’ah,ibukota Sudair, Saudi Arabia, dalam lingkungan keluarga yang dikenaldengan keilmuan dan keutamaan mereka.

Rihlah Ilmiah Dan Guru-Gurunya

Pada tahun 1342 H, beliau rahimallah mulai belajar dasar-dasar bacatulis dan al-Qur’an kepada syaikh Ahmad ash-Sha’igh. Sebelum usia 11tahun, beliau telah hafal al-Qur’an.

Pada usia yang sangat dini beliau telah mempelajariringkasan-ringkasan kitab-kitab ilmiah dalam bidang tauhid, hadits,fiqh, fara’idh dan nahwu.

Diantara kitab-kitab yang beliau pelajari di bawah bimbingan SyaikhAhmad ash-Sha’igh adalah Ushuuluts Tsalaatsah oleh Syaikh al-MujaddidMuhammad bin Abdul Wahhab.

Ketika mulai beranjak dewasa, beliau menghadiri halaqah Syaikh al-FaqihAbdullah bin Abdul Aziz al-‘Anqari, Qadhi Sudair. Beliau belajarkepada Syaikh al-Faqih Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Anqari berbagaimacam disiplin ilmu seperti tauhid, tafsir, hadits, fiqh, fara’idh,nahwu, sirah, tarikh, adab dan yang lainnya selama 25 tahun.

Di antara kitab-kitab yang beliau pelajari di bawah bimbingan Syaikhal-Faqih Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Anqari adalah: Fathul Bari olehibnu Hajar, al-Mughni oleh ibnu Qudamah, Minhajus Sunnah, Dar-uTa’arudhilAql wa Naql dan Fatawa Kubra; ketiganya karya Syaikhul Islam ibnuTaimiyah, Zadul Ma’ad oleh Ibnu Qayyim dan kitab-kitab Syaikhul IslamIbnu Taimiyah dan para imam dakwah.

Beliau diberi ijazah sanad oleh Syaikh al-‘Anqari untuk kitab-kitabShahih, Masanid dan Sunan, berikut kitab-kitab Syaikhul Islam ibnuTaimiyah, Ibnul Qayyim dan kitab-kitab fiqh Hanbali secara umum.Demikian juga seluruh riwayat Syaikh al-‘Anqari dari kitab-kitabatsbat.

Beliau juga belajar fiqh, fara’idh dan lughah [bahasa] kepada SyaikhAbdullah bin Muhammad bin Humaid ketika ia [syaikh Ibn Humaid] masihmenjabat Qadhi Sudair.

Beliau berguru kepada Syaikh al-Allamah Muhammad bin Abdul Muhsin al-Khayyal,Qadhi Madinah, dalam bidang nahwu dan fara’idh.

Beliau juga belajar kepada Syaikh Sulaiman bin Hamdan, salah seorangqadhi Makkah, dan mendapat ijazah sanad dari Syaikh Sulaiman.

Jabatan Yang Pernah Dipegang

Pada tahun 1368 H beliau ditugaskan sebagai Qadhi Rahimah. Setengahtahun kemudian beliau dipindah ke Zulfi hingga tahun 1372 H. Kemudianbeliau mengundurkan diri dari jabatan Qadhi.

Kehidupan Ilmiahnya

Beliau rahimallah memiliki kemauan yang sangat kuat dalammenuntut ilmu sehingga mencurahkan semua waktunya untuk itu. Beliaubanyak menulis kitab-kitab yang bermanfaat bagi kaum muslimin. Beliautekankan penulisan beliau kepada masalah-masalah terlarang yang banyakdilakukan oleh manusia, atau syubhat-syubhat di masyarakat dan perkarabaru yang diada-adakan. Beliau jelaskan dengan dalil-dalil kuat danargumen-argumen yang gamblang sehingga bisa diterima dan memberimanfaat yang besar kepada setiap pembaca tulisan beliau.

Sejak terbit matahari hingga Isya’ beliau isi waktu beliau denganpembahasan ilmu dan menulis. Kadang setelah Isya’ beliau lanjutkan apayang beliau mulai pada awal harinya. Adapun malam harinya beliau isidengan tahajjud baik waktu menetap maupun dalam perjalanan.

Kegigihan Beliau Dalam Membela Sunnah

Beliau begitu gigih dalam meluruskan penyimpangan-penyimpangan orangyang menyeleweng dari jalan Alloh. Beliau bantah penyelewengantersebut dengan pena sebagai pembelaan terhadap Sunnah Rasulullah

Shallallahu ‘alaihi wasallam dan aqidah shahihah, aqidah ahliSunnah wal Jama’ah, kadang-kadang beliau sebarkan bantahan-bantahantersebut ke media cetak dalam dan luar negeri Saudi.

Sebagian diantara bantahan-bantahan beliau kepada pemikiran yangmenyeleweng beliau paparkan kepada Syaikh Muhammad bin Ibrahim AluSyaikh. Hal itu menjadikan Syaikh Muhammad bin Ibrahim begitumenghargai perjuangan beliau membantah pemikiran-pemikiran yangmenyeleweng sehingga murid Syaikh Muhammad bin Ibrahim menyebutkanbahwa suatu saat Syaikh Hamud membacakan kepada Syaikh Muhammad binIbrahim sebuah bantahan Syaikh Hamud kepada ahli bid’ah.

Ketika Syaikh Hamud selesai membacakannya dan beranjak pergi makaSyaikh Muhammad bin Ibrahim berkata, “ Syaikh Hamud adalah seorangmujahid, semoga Alloh membalasnya dengan kebaikan.”

Kalimat yang agung dari Syaikh Muhammad bin Ibrahim ini senada denganapa yang telah dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, “Orangyang membantah ahli bid’ah adalah seorang mujahid.” Sampai-sampaiYahya bin Yahya mengatakan, “Membela Sunnah lebih afdhal dibandingkanberjihad.” [Naqdhul Manthiq hal. 12 ]

Murid-Muridnya

Di antara murid-murid beliau adalah ketujuh putranya: Syaikh Abdullah,Syaikh Muhammad, Syaikh Abdul Aziz, Syaikh Abdul Karim, Syaikh Shalih,Syaikh Ibrahim dan Syaikh Khalid, kemudian Syaikh Abdullah Ar-Rumi,Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Hamud dan selain mereka.

Beliau memberi ijazah sanad kepada beberapa ulama, di antaranya:Syaikh Ismail al-Anshari, Syaikh Shalih bin Abdullah bin Humaid,Syaikh Abdul Aziz bin Ibrahim al-Qasim, Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali,Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alu Syaikh, Syaikh Abdullah bin AbdurRahman al-Firiwa’i dan yang lainnya.

Tulisan-Tulisannya

Tulisan-tulisan beliau mencapai lebih dari 50 tulisan, yaitu:

Ittihaful Jama’ah bima Ja’afil Fitan wal malahim wa Asyrathis Sa’ah,Ihtijaj bil Atsar ‘ala man Ankara al-Mahdi al-Muntazhar, ItsbatuUluwwillah wa Mubayatuhu li Kahlqihi, Tuhfatu Ikhwan bima Ja’a filMuwalati wal Mu’aadati wal Hubbi wal Bughdhi wal Hajran, Qaul Muharrarfil Amr bil Ma’ruf wa Nahyi ‘anil Munkar, Raddu ‘ala man abaha ar-Ribaal-Jari fi Ba’dhil Bunuk, Taghlizhu Malam ‘ala Mutasarri’in fil Futyawa Taghyiril Ahkam, Idhah wa Tabyin lima Waqa’a fihil Aktsarun minMusyabahatil Musyrikin, Qashashul Uqubat wal ‘Ibar wal Mawa’izh,Idhahul Mahajjah fir Raddi ‘ala Shahibi Thanjah, Raddul Qawi ‘alaRifa’I wal Majhul wal Ibnu Alawi wa Bayanu akhta’ihim fil MaulidNabawi, Intishar ‘ala man Azraal Muhajirin wal Anshar, Sirajul Wahhaj‘ala Abathil Ahmad Syalaby ‘anil Isra’ wal Mi’raj, Inkaru TakbirJama’I wa Gahirihi, ittihafun Nubala’ bir Riwayah ‘anil A’lam Fudhala,’Ijabah Jaliyyah ‘an As’ilah Kuwaitiyyah, I’lanun Nakir ‘alal Maftuninbit Tashwir, Iqamatul Burhan fir Raddi ‘ala man Ankara Khurujal Mahdiwa Dajjal wa Nuzulal Masih fi akhiri Zaman, Tahdzirul Ummah Islamiyahminal Muhdatsat Allati Da’at ilaiha Nadwatul Ahillah Kuwaitiyyah,Tahrimur Shuwar wa Raddu ‘ala man Abahahu, Tanbihul Ikhwan ‘alalAkhtha’ fi Khalqil Qur’an, Dala’il Wadhihat ‘ala Tahrimil Muskirat walMuftirat, Dzail Shawa’iq li mahwil Abathil wal Makhariq, Raddul Jamil‘ala Akhta’I Ibni Aqil, Raddu ‘alal Katibil Maftun, Raddu ‘ala manAjaza Tahdzibal Lihyah, Raddul Qawim ‘alal Mujrimil Atsim, ar-Ru’ya,Sharimul Battar lil Ijhaz ‘ala man Khalafal Kitaba was Sunnata walAatsar, Sharimul Masyhur ala Ahli Tabarruji was Sufur, Shawa’iqSyadidah ‘ala Atba’il Haiahil Jadidah, Aqidatu Ahlil Iman fi KahlqiAdam ‘ala Shuratir Rahman, Fathul Ma’bud fi Raddi ‘ala Ibni Mahmud,Fashlul Khithab fir Raddi ‘ala Abi Turab, Qaulul Baligh fit Tahdzirmin Jama’ati Tabligh, Tanbihat ‘ala Risalatil Albani fish Shalat,Iqamatu Dalil ‘alal Man’I Minal Anasyid Mulahhanah wa Tamtsil,Syuhubul Marmiyyah li mahqil Ma’azif wal Mazamiri wa sairil Malahi bilAdillah Naqliyyah, Dala’ilul Atsar ‘ala Tahrimi Tamtsil bisy Syi’r,Tabri’atul Khalifah al-‘Adil wa Raddu ‘alal Mujadil bil Bathil, danRisalah Badi’ah fir Raddi ‘ala Ahlil Majallatil Khali’ah.

Di samping Tulisan-tulisan diatas, beliau juga menulis Ta’liq [komentar/catatankaki] yang banyak atas Musnad Ahmad yang dicetak dengan tahqiq SyaikhAhmad Syakir, demikian juga Ta’liq atas Fathul Bari, danbeberapa komentar atas al-Mustadrak karya al-Hakim.

Banyak dari tulisan-tulisan beliau yang diberi pengantar oleh paraulama besar seperti Syaikh Muhammad bin ibrahim Alu Syaikh, SyaikhAbdullah bin Muhammad bin Humaid, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah binBaz dan Syaikh Abdur Razzaq Afifi.

Hubungan Beliau Dengan Syaikh al-Albani

Beliau memiliki beberapa bantahan terhadap tulisan-tulisan Syaikh al-Albanidan terjadi beberapa perbedaan pendapat antara beliau dengan Syaikhal-Albani. Kendatipun demikian, tetap terjalin ukhuwwah imaniyyahantara beliau dengan Syaikh al-Albani sebagaimana dalamhubungan-hubungan yang baik antara keduanya, diantaranya:

ü Syaikh Hamud di dalam bantahannya kepada Syaikh al-Albani tetapberusaha menjaga kedudukan Syaikh al-Albani. Suatu misal ketika beliausudah hampir mencetak bantahan beliau, tiba-tiba ada seorang yangsimpati kepada Syaikh al-Albani datang kepada beliau memprotesterhadap beberapa kalimat dalam bantahan tersebut, maka seketika itujuga beliau menghapus kalimat-kalimat tersebut.

ü Ketika Syaikh al-albani mengunjungi tempat beliau di Riyadh padatahun 1410 H, beliau begitu bersungguh-sungguh di dalam menjamu danmenghormati Syaikh al-Albani.

ü Di dalam bantahan beliau kepada Syaikh al-Albani, beliau banyakmenyertakan pujian beliau kepada Syaikh al-Albani dalam kegigihannyamembela Sunnah dan melawan bid’ah seperti pernyataan beliau, “Syaikhal-Albani sekarang adalah lambang dari Sunnah. Mencela beliau akanmemudahkan cela pada Sunnah.” Pujian ini jelas hanya berlaku bagi paraimam Ahli Sunnah, bukan kepada para gembong ahli bid’ah sebagaimanayang dikehendaki oleh para pencetus manhaj muwazanah! Demikianlah duaimam dakwah salafiyah ini mencontohkan salah satu gambaran yang hidupdari manhaj salaf dalam menjelaskan kesalahan diantara para ulama ahliSunnah.

Sifat Dan Akhlaknya

Orang-orang yang mengenal beliau menyebutnya sebagai orang yang taqwa,shalih dan banyak beribadah. Beliau banyak bertahajjud, banyak tilawahKitabullah, selalu berpaling dari hal-hal yang tidak memberi faedahdan manfaat.

Beliau tidak dijumpai kecuali dalam keadaan beribadah atau membahasilmu. Beliau sangat jauh dari mencari ketenaran dan pengikut. Beliauadalah seorang yang berpenampilan wibawa, tenang, tawadhu’ danberakhlak baik.

Beliau tidak suka menggantungkan diri dalam segala sesuatu kepadaorang lain, meskipun orang tersebut adalah kerabat yang paling dekat.Putra-putra beliau mengatakan, “Syaikh Hamud tidak pernah memintabantuan apa pun kepada seorang pun, walaupun di saat pisik beliausudah lemah, beliau menyiapkan teh dan kopi seorang diri, meskipunputra-putranya begitu sangat melarangnya untuk melakukan hal itu demikesehatannya.” Ketika bepergian, beliau yang melayani kebutuhanrekan-rekannya, meskipun usia beliau sudah lanjut dan meskipunrekan-rekan perjalanan beliau sangat menghormati beliau. Beliausiapkan makanan untuk mereka dan tetap beliau shalat malam sebagaimanabiasanya, kemudian berbaring sejenak hingga waktu shubuh, kemudianbeliau mempersiapkan air wudhu bagi rekan-rekan seperjalanannya.

Beliau menutupi kebutuhan kesehariannya dengan sebagian usaha dagangbeliau yang diwakilkan kepada orang lain. Beliau dikenal zuhudterhadap dunia. Sebelum wafat, beliau serahkan semua kekayaan beliau-yang tidak begitu banyak- kepada putra tertuanya untuk dishadaqahkansemuanya.

Ketika wafat beliau tidak meninggalkan apa pun kecuali rumah tempatbeliau tinggal bersama putra-putranya.

Wafatnya

Syaikh Hamud bin Abdullah at-Tuwaijiri wafat di Riyadh tanggal 5Jumada Tsaniyah tahun 1413 H dan dimakamkan di pekuburan Nasim,Riyadh. Semoga Alloh meridhainya dan menempatkannya dalam keluasanjannah-Nya

Rujukan

Sirah al-Allamah Hamud bin Abdullah at-Tuwaijiri oleh SyaikhAbdullah bin Abdur Rahman

[Disadur dari Majalah Al-Furqon, Edisi 6 Tahun V / Muharram 1427 H,disusun oleh Abu Aisyah, dengan perubahan seperlunya]

Artikel Syaikh Hamud Bin Abdullah at-Tuwaijiri (Salah SeorangImam Dakwah Salafiyah Abad Ini) diambil dari http://www.asofwah.or.id
Syaikh Hamud Bin Abdullah at-Tuwaijiri (Salah SeorangImam Dakwah Salafiyah Abad Ini).

Tidak ada komentar: