Selasa, 10 Juni 2008

Siapa Meninggalkan Yang Haram Akan Mendapatkan YangHalal Atau Allah SWT Ganti Dengan yang baik

Kumpulan Artikel Islami

Siapa Meninggalkan Yang Haram Akan Mendapatkan YangHalal Atau Allah SWT Ganti Dengan yang baik Yahya bin Ayyub berkata: Di Madinah dulu adaseorang pemuda yang sempat membuat Umar bin Khaththab terkagum-kagum.Ceritanya, suatu saat sang pemuda ini berjalan pulang ke rumah setelahshalat Isya'. Tiba-tiba, tampak seorang wanita menghadang dihadapannya. Si wanita menawarkan dirinya. Sang pemuda ternyatatermakan juga oleh godaan si wanita. Ketika si wanita berlalu, sipemuda mengekor di belakangnya. Sampai akhirnya dia berada di depanpintu rumahnya. Tiba-tiba, timbullah perasaan malu di hatinya danhadirlah ingatannya pada firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :

'Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-wasdari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga merekamelihat kesalahan-kesalahannya.' [Al-A'raf: 201].

Kemudian dia pingsan. Si wanita memperhatikannya, tetapi pemuda itutampak seperti orang yang sudah mati. Dia beserta seorang pembantuperempuan berusaha menggotongnya sampai ke depan pintu rumahnya.Keluarlah ayah si pemuda, terlihat anaknya tergeletak di depan pintu,lalu dia mengangkat dan memasukkannya ke dalam rumah. Setelah siuman,sang ayah bertanya, 'Apa yang terjadi denganmu, hai anakku!' Tetapisi anak enggan bicara. Setelah dipaksa-paksa barulah dia mau berceritatentang apa yang sebenarnya terjadi. Saat dia kembali membacakan ayatyang terlintas dalam ingatannya, tiba-tiba menarik nafas panjang danbersamaan dengan itu keluarlah ruhnya, dia meninggal.

Ketika Umar bin Khaththab radhiallahu 'anhu . mendengar cerita ini,dia berkata, 'Mengapa kalian tidak memberitahuku tentang kematiannya'Lalu Umar pergi menuju pusaranya, sambil berdiri dia berkata, 'HaiFulan:Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhan-nya ada dua surga. [Ar-Rahman: 46].

Tiba-tiba Umar mendengar suara dari dalam pusara itu, 'Allah telahmemberikan itu padaku, hai Umar. [1]

Cerita di atas, juga diriwayatkan dengan versi lain. Yaitu, bahwa adaseorang pemuda pada masa Umar bin Khaththab radhiallahu 'anhu yangselalu berada di mesjid dan beribadah. Sementara itu, ada seorangwanita yang jatuh cinta kepadanya, dan si pemuda ini pun menginginkansi wanita itu. Tetapi akhirnya dia ingat dan sadar. Tiba-tiba diamerasa sesak nafas kemudian pingsan. Saat itu datanglah pamannya, laludibawalah pemuda tersebut ke rumahnya. Setelah siuman, dia berkata: Haipaman! Temuilah Umar bin Khaththab, sampaikan salamku kepadanya, dantanyakan kepadanya, 'apakah balasan untuk orang yang takut saatmenghadap Tuhannya' Maka disampaikanlah pesan tersebut kepada Umar.Saat Umar datang untuk menjenguknya, dia sudah meninggal, lalu Umarberkata: Kau akan mendapatkan dua Surga. [2]

[1] Raudhatul Muhibbin, hal 479-480.

[2] Raudhatul Muhibbin, hal 481-482.

Artikel Siapa Meninggalkan Yang Haram Akan Mendapatkan YangHalal Atau Allah SWT Ganti Dengan yang baik diambil dari http://www.asofwah.or.id
Siapa Meninggalkan Yang Haram Akan Mendapatkan YangHalal Atau Allah SWT Ganti Dengan yang baik.

Tidak ada komentar: