Minggu, 22 Juni 2008

Saat-Saat Menjelang Ajal Menjemput

Kumpulan Artikel Islami

Saat-Saat Menjelang Ajal Menjemput Berikut ini beberapa kisah orang-orang shalihketika ajal menjemput mereka:

1. Abu Sufyan bin al-Hârits

Beliau adalah anak paman Nabi SAW., [sepupu beliau SAW.,]. Tatkalaajal menjemputnya, dia berkata kepada keluarganya, “Janganlah kalianmenangisiku sebab aku tidak pernah sekalipun menyentuh dosa semenjakmasuk Islam.”

2. ‘Umar bin Abi Rabi’ah

Tatkala ajal menjemputnya, saudaranya, al-Hârits menangis, lalu diaberkata kepada saudaranya tersebut, “Wahai saudaraku, jika yang kaupermasalahkan terhadap diriku adalah untaian sya’ir yang pernah kaudengar dari ucapanku berbunyi,

Aku katakan kepadanya [wanita] dan dia berkata kepadaku,

Semua budakku adalah bebas

Sungguh! Aku tidak pernah menyingkap sekalipun jua sesuatu yang haram.”

Maka berkatalah al-Hârits, ‘Segala puji bagi Allah, Engkau telahmembuat hatiku tenang.’”

3. Abu Yûsuf

Bisyr al-Walîd berkata, “Aku pernah mendengar Abu Yusuf berkata padasaat sakit yang membawa ajalnya, ‘Ya Allah, sesungguhnya Engkau MahaMengetahui bahwa aku tidak pernah sekalipun menyentuh farji [melakukanhubungan badan] secara haram saat aku menyadarinya. Dan aku juga tidakpernah sekalipun memakai satu dirham dari yang haram saat akumenyadarinya.”

4. Abu Bakar bin ‘Ayyasy

Ibrahim bin Abu Bakar ‘Ayyasy berkata, “Ketika menjelang ajal, akumenyaksikan ayahandaku, lalu aku menangis karenanya. Maka dia berkatakepadaku, ‘Nak, Ayahandamu ini tidak pernah sekalipun melakukanperbuatan keji.’ “

5. Hafsh bin Ghayyâts

‘Umar bin Hafsh bin Ghayyâts berkata, “Tatkala ajal menjemputayahandaku, dia sempat pingsan, lalu aku menangis di samping kepalanya.Maka, dia berkata kepadaku saat tersadar, ‘Kenapa gerangan kamumenangis.’ Aku menjawab, ‘Karena akan berpisah denganmu.’ Dan tatkalaaku masuk pada pembicaraan seputar qadla [kematian], dia berkata,‘Janganlah kamu menangis, sesungguhnya aku tidak pernah sekalipunmenggunakan celanaku ini untuk sesuatu yang haram. Dan tidak pernahpula ada dua orang yang bersengketa di hadapanku duduk, lalu akutelanjangi [permalukan] salah seorang dari mereka yang terkena vonis.”

6. al-Haytsam bin Jamil

Sufyan bin Ahmad al-Mashîshy berkata, “Tatkala sedang sekarat, akumenyaksikan al-Haytsam bin Jamil telah diarahkan ke kiblat dan budakwanitanya menutupi kedua kakinya, lalu dia sempat berkata, ‘Tutuplahkeduanya, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui bahwa keduanya tidakpernah sekalipun berjalan untuk hal-hal yang haram.”

[SUMBER: al-Maw’id:Jannât an-Na’îm karya Ibrahim bin ‘Abdullahal-Hâzimy, hal.82]

Artikel Saat-Saat Menjelang Ajal Menjemput diambil dari http://www.asofwah.or.id
Saat-Saat Menjelang Ajal Menjemput.

Tidak ada komentar: