Senin, 19 Mei 2008

YANG PERLU ANDA KETAHUI DARI HADITS-5 (Membatasi DiriPada Kitab ash-Shahihain, Tepatkah?)

Kumpulan Artikel Islami

YANG PERLU ANDA KETAHUI DARI HADITS-5 (Membatasi DiriPada Kitab ash-Shahihain, Tepatkah?) TANYA:

Bagaimana pendapat Anda terhadap orang yang hanya membatasi diripada kitab ash-Shahihain [Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim] sajatanpa mau melirik kepada kitab-kitab sunnah yang lain Apakah al-Bukharidan Muslim mensyaratkan untuk mengeluarkan semua hadits yang shahihsaja

JAWAB:

Tidak dapat disangkal lagi, bahwa pendapat itu jauh dari benar bahkanbisa terjerumus ke dalam kesesatan karena sama artinya dengan menolaksunnah Rasulullah SAW.

Al-Bukhari dan Muslim tidak mensyaratkan untuk mengeluarkan semuahadits yang shahih saja. Seperti yang diinformasikan para ulama darial-Bukhari, bahwa ia pernah berkata, “Aku hafal 100 ribu hadits shahih.”Para ulama itu juga menukil darinya yang mengatakan, “Tapi akutinggalkan hadits-hadits lain yang shahih karena khawatir terlalupanjang [bertele-tele].”

Al-Bukhari sendiri telah menshahihkan sendiri hadits-hadits yang bukanshahih. Hal ini nampak secara jelas sekali dalam pertanyaan-pertanyaanat-Turmudzi kepadanya seperti yang terdapat di dalam Sunan at-Turmudzi.

Para ulama juga menukil dari Muslim hal serupa di mana ia pernahmengatakan, “Bukan segala sesuatu yang menurutku shahih lalu aku muatdi sini.”

Jadi, tidak dapat diragukan lagi kebablasan orang yang hanya membatasidiri pada kitab ash-Shahihain saja dan menolak kitab selain keduanya.

[SUMBER: As’ilah Wa Ajwibah Fii Mustholah al-Hadiits karyaMusthafa al-‘Adawi, hal.14-15, no.28]

Artikel YANG PERLU ANDA KETAHUI DARI HADITS-5 (Membatasi DiriPada Kitab ash-Shahihain, Tepatkah?) diambil dari http://www.asofwah.or.id
YANG PERLU ANDA KETAHUI DARI HADITS-5 (Membatasi DiriPada Kitab ash-Shahihain, Tepatkah?).

Tidak ada komentar: