Senin, 19 Mei 2008

Semua Amal Perbuatan Tergantung Kepada Niatnya

Kumpulan Artikel Islami

Semua Amal Perbuatan Tergantung Kepada Niatnya Artinya: Dari Amir Mukminin Abi Hafsh Umar binAl-Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata: Aku mendengar Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Sesungguhnya segala amaltergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan apayang diniatkannya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah danrasul-Nya, maka hijrahnya karena Allah dan rasul-Nya. Dan barangsiapayang hijrahnya karena dunia yang akan diraihnya atau wanita yang akandinikahinya, maka hijrahnya kepada apa yang diniatkannya.” [HR.Dua Imam Muhadditsin [ahli hadits] Abu Abdillah Muhammad bin Ismailbin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhari dan Abu Al-HusainMuslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusyairi An-Naisaburi didalam duakitab shahih mereka yang keduanya adalah kitab yang paling shahih [benar]yang ditulis [manusia].

Arti Penting Hadits Tersebut

Hadits ini termasuk salah satu dari hadits-hadits penting yang menjadiporos agama Islam.

Hadits ini adalah dasar atau azas dalam Islam dan sebagian besarhukum-hukumnya berporos padanya.

Hadits ini juga sebagai tolak ukur bagi semua amal batin.

Abu Daud rahimahullah berkata: Sesungguh-nya hadits ini separuh dariagama Islam; karena agama Islam itu meliputi zhahir yaitu berupa amal,dan batin yaitu berupa niat.

Imam Ahmad dan Asy-Syafi’i rahimahumallah berkata: Masuk dalam lingkuphadits “Sesungguhnya segala amal tergantung pada niatnya” sepertigailmu; karena usaha seorang hamba itu bisa dengan hati, lisan dananggota badannya. Adapun niat dengan hati merupakan salah satu daritiga jenis di atas.

Karena itu para ulama menganjurkan agar memulai kitab-kitab dankarangan-karangan mereka dengan hadits ini. Di antara ulama yangmemulai kitab-kitab mereka dengan hadits ini adalah Imam Al-Bukharidan Imam An-Nawawi rahimahumallah. Faedah memulai dengan hadits iniuntuk mengingatkan dan memperingatkan para penuntut ilmu agarmembenarkan niatnya untuk Wajah Allah Ta’ala dalam menuntut ilmu danmelakukan kebaikan.

Pelajaran-pelajaran yang Dapat Dipetik dari Hadits Tersebut:

Disyaratkan adanya niat.

Para ulama telah bersepakat bahwa segala amal yang dilakukan seorangmukallaf yang mukmin tidak dianggap sah secara syar’i dan tidakberpahala jika ia mengerjakannya kecuali disertai dengan niat.

Waktu niat dan tempatnya.

Waktu niat di awal melakukan ibadah, seperti takbir ihram ketikashalat; ihram ketika haji; sedangkan niat puasa maka dilakukansebelumnya karena sulitnya mengetahui fajar. Adapun tempatnya niatdi dalam hati, maka tidak disyaratkan melafazhkan atau mengucapkanniat, bahkan hukumnya bid’ah [hal-hal baru dalam ajaran Islam yangtiada contohnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,sahabatnya, tabi’in dan tabi’ut tabi’in.]

Wajibnya hijrah.

Hijrah dari negeri kafir menuju negeri Islam hukumnya wajib bagisetiap muslim yang tidak memungkinkan untuk menampakkan keislamannya.Hukum ini kekal sampai hari Kiamat. Hijrah juga berarti hijrah [meninggalkan]dari hal-hal yang dilarang oleh Allah Ta’ala.

Barangsiapa yang berniat melakukan amal shalih, lalu ada udzur [halangan]â€"berupa: sakit, kematian, dan lainnya- yang merintanginya untukmelakukannya, maka ia memdapatkan pahala karena niatnya tersebut.

Perintah untuk mengikhlaskan segala amal dan ibadah hanya untukAllah semata sehingga mendapatkan pahala dan balasan yang baik diakhirat, dan diberikan taufiq dan keberuntungan di dunia.

Setiap amal yang baik dan bermanfaat, apabila dilakukan denganniat yang baik disertai dengan keikhlasan, mengharapkan keridhaanAllah Ta’ala dan mengikuti cara Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam menjadi suatu ibadah.

Ikhlas hanya untuk Allah Ta’ala dalam beramal merupakan salahsatu syarat diterima-nya suatu amal; karena Allah Ta’ala tidak akanmenerima suatu amal kecuali jika dilakukan dengan ikhlas karenaWajah Allah Ta’ala.

[SUMBER: Al-Waafii fii Syarhi al-Arba’iina an-Nawawiyyah, karyaDR. Mushthafa al-Bagha dan Muhyiddin Dîb Mistu]

Artikel Semua Amal Perbuatan Tergantung Kepada Niatnya diambil dari http://www.asofwah.or.id
Semua Amal Perbuatan Tergantung Kepada Niatnya.

Tidak ada komentar: