Minggu, 13 Juli 2008

Tujuan Manusia Diciptakan

Kumpulan Artikel Islami

Tujuan Manusia Diciptakan

>> Pertanyaan :

Apa tujuan penciptaan manusia?

>> Jawaban :

Sebelum menjawab pertanyaan ini, saya ingin meng-ingatkan pada kaidahumum tentang apa yang diciptakan Allah Ta'ala dan apa yangdisyariatkan-Nya. Kaidah ini diambil dari firman Allah Ta'ala:

Sesungguhnya Dialah yang Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana. [Yusuf:83], dan firman-Nya:

Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana. [Al-Ahzab:1] serta ayat-ayat lainnya yang menunjukkan tentang pene-tapan hikmahAllah Ta'ala pada apa yang diciptakan-Nya dan apa yangdisyariatkan-Nya, yaitu ketentuan-ketentuan-Nya dalam penciptaan dansyariat. Sesungguhnya tidak ada sesuatu pun yang diciptakan AllahTa'ala kecuali ada hikmahnya, baik itu dalam hal mengadakannya ataupunmeniadakannya, dan tidak ada sesuatu pun yang disyariatkan AllahTa'ala kecuali untuk suatu hikmah, baik itu yang diwajibkan, atau yangdiha-ramkan ataupun yang dibolehkan.

Namun kadang-kadang hikmah-hikmah yang tercakup dalam hikmahpenciptaan dan pensyariatan itu kita ketahui, kadang pula tidak kitaketahui dan ada pula yang hanya diketahui oleh sebagian orang sajasesuai dengan ilmu dan pemahaman yang diberikan Allah Ta'ala kepadamereka. Demikianlah, maka kami katakan; bahwa sesungguh-nya AllahTa'ala menciptakan jin dan manusia untuk suatu hikmah yang agung dantujuan yang mulia, yaitu untuk beribadah [menghamba] kepada-Nya,sebagaimana firman-Nya:

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya merekamenyembah-Ku. [Adz-Dzariyat: 56].

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamusecara main-main [saja], dan bahwa kamu tidak akan dikembali-kankepada Kami[Al-Mukminun: 115].

Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja [tanpapertanggungjawaban][Al-Qiyamah: 36].

Dan masih banyak ayat-ayat lainnya yang menunjukkan bahwa Allah Ta'alamempunyai hikmah yang agung dalam penciptaan jin dan manusia, yaituuntuk beribadah kepada-Nya.

Ibadah adalah tunduk dan patuh kepada Allah Ta'ala dengan penuhkecintaan dan pengagungan dalam melaksanakan perintah-perintah-Nya danmenjauhi larangan-larangan-Nya sesuai dengan tuntunan yang ditetapkandalam syariat-syariat-Nya. Allah Ta'ala berfirman,

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah denganmemurnikan ketaatan kepada-Nya dalam [menjalankan] agama yang lurus.[Al-Bayyinah: 5].

Jadi, itulah hikmah penciptaan jin dan manusia. Dan berdasarkan ini,maka barangsiapa yang membelakangi Rabbnya dan enggan beriba-dahkepada-Nya, berarti ia telah mencampakkan hikmah penciptaan para hamba,dan perbuatannya itu berarti persaksiannya bahwa Allah Ta'ala telahmenciptakan makhluk dengan sia-sia, kendati hal itu tidakdinyata-kannya, namun telah menunjukkan keangkuhan dan kesombongannyauntuk taat kepada Rabbnya.

Artikel Tujuan Manusia Diciptakan diambil dari http://www.asofwah.or.id
Tujuan Manusia Diciptakan.

3 komentar:

ade.ady mengatakan...

salam,
afwan, ana ingin bertanya. setelah mmbaca artikel antum, timbul pertanyaan dalam diri ana, jika tujuan penciptaan manuia hanya untuk beibadah padanya (dalam artian menyembah pada-Nya) lalu apa makna menyembah itu sendiri?
Jika Tuhan mencipta manusia lalu manusia menyembah padanya, lalu selesailah misi manusia?
kemudian jika mencipta manusia hanya untuk disembah, buat apa Tuhan mencipta manusia... bukankah tidak adanya penyembah pun tidak mengurangi kesempunaan Tuhan?
Kalau mencipta manusia hanya untuk agar disembah, bukankah itu sebuah main2 saja, alias menunjukkan sifat kesombongan atas kekuasaan?

Gafar.N.Pakaya mengatakan...

memang tujuan kita hidup di bumi atau d dunia ni hanya untuk menyembah kpada allah. Menyembah arti.a tunduk. Dalam arti brati kita harus tunduk atau patuh kpda smua perintah dan larangan.Nya. Sperti sholat 5 wktu, ni merupkan slah satu kwajiban yg hrus kita jlankan. Klau kajiban ini tdg d krjakan maka brati kita melanggar perintah Allah swt. Dan dalam mengerjakan sholt tersbut kita hrus tahu cara-caranya trutama bacaan2 sholt, mak dari i2 kita d wajibkan lagi untuk menuntut ilmu. Jadi arti menyembah i2 sngat lah luas.

CV. Mitra Penerjemah mengatakan...

brrti sya harus terus menyempurnakan ibadah sya!! terimaksih admin, artikelnya sgt brmanfaat, setidaknya sya bisa mnjdi hamba Allah yg lbih baik :)

penerjemah bahasa jerman
penerjemah bahasa belanda